Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Minat Masyarakat dalam Menggunakan Media Massa (Studi Deskriptif di Komplek Banjar Agung Indah, Kota Serang)

Fauziah , Ririn and Widyaningtyas, Mia Dwiana and Nursih, Isti (2012) Minat Masyarakat dalam Menggunakan Media Massa (Studi Deskriptif di Komplek Banjar Agung Indah, Kota Serang). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi Prodi. Komunikasi)
SKRIPSI KOM RIRIN FAUZIAH 669072967.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Ririn Fauziah. 6662072967. Minat Masyarakat dalam Menggunakan Media Massa. Konsentrasi Ilmu Jurnalistik. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2012. Media massa merupakan alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator pada komunikan. Terdiri dari media massa modern dan media massa tradisional. Media massa modern adalah surat kabar, radio, televisi dan bioskop, sementara media massa tradisional adalah teater, pantun dan sejenisnya. Media massa dibagi menjadi tiga bentuk, yaitu media cetak, elektronik dan media online.Masing-masing khalayak memiliki minat menggunakan media massa yang berbeda sesuai dengan tingkat kebutuhannya. Tujuan masyarakat menggunakan media massa untuk memenuhi kebutuhan khalayak seperti kebutuhan kognitif, pelepas ketegangan dan interaksi sosial. Model uses and gratification menyatakan bahwa khalayak menggunakan media massa sesuai dengan kebutuhan dan berusaha memenuhi pemuasan.Penelitian dilakukan di Komplek Banjar Agung Indah, Kota Serang. Menggunakan pendekatan deskriptif dengan teknik kuantitatif. Jumlah populasi 2314 penduduk dengan dengan teknik pengambilan purposive random sampling menggunakan rumus Yamane sehingga didapat 96 sampel. Penelitian bertujuan menggambarkan dimensi dan indikator-indikator dari variabel minat. Hasil Penelitian ini menggambarkan empat indikator minat yaitu motivasi, partisipasi, perhatian dan perasaan. Indikator motivasi berada pada interval tinggi dengan nilai 804. Indikator partisipasi berada pada interval sedang dengan nilai 1218. Indikator perhatian berada pada interval tinggi dengan nilai 2630. Indikator perasaan berada pada interval sedang dengan nilai 658. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukan variabel minat berada pada interval sedang dengan nilai 5310.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT: Ririn Fauziah. 6662072967. Public Interest in the Use of Mass Media. Science Journalism Concentration. Communication Studies Program. Faculty of Social and Political Sciences. Sultan Ageng Tirtayasa University. 2012. The mass media is a means used to convey the message from the communicator to communicant. Consists of modern mass media and traditional mass media. Modern mass media are newspapers, radio, television and cinema, while the traditional mass media is the theater, rhyme and the other forms. The mass media divided in three forms, print media, electronic and online media. Each audience has interest different for the use media according to the level of need. The purpose people use mass media to meet the needs of audiences such as cognitive needs, releasing tension and social interaction. Uses and Gratification model states that audiences use the mass media according to the needs and striving to meet gratification. The study was conducted in Komplek Banjar Agung Indah, Kota Serang. Used a descriptive approach with a quantitative technique. The number of inhabitants with a population of 2314 with purposive random sampling techniques and Yamane formula until to get 96 of sample. The study aims to describe the dimensions and indicators of the variable interest. This study describes four indicators result of interest, that is motivation, participation, attention and feelings. The motivation indicators are high interval with value of 804. The partisipation indicators are on middle interval with value of 1218. The attention indicators are on high interval with value of 2630. The feeling indicators are on middle interval with value of 658. The total results showed a variable interest are on middle interval with value of 5310.
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 18 Feb 2013 06:09
Last Modified: 17 May 2013 08:12
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item View Item