ANGRAENI, AMANDA (2019) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PERUMAHAN TERHADAP INFORMASI YANG TIDAK SESUAI DALAM BROSUR OLEH PENGEMBANG MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN JUNCTO UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 2011 TENTANG PERUMAHAN DAN KAWASAN PERMUKIMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PERUMAHAN TERHADAP INFORMASI YANG TIDAK SESUAI DALAM BROSUR OLEH.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Minat masyarakat saat ini sangat banyak terhadap pembelian perumahan melalui pengembang, hal dikarenakan pengembang itu sendiri sangat gencar melakukan kegiatan promosi dengan cara memasang iklan. Iklan ini dimaksudkan untuk menyampaikan informasi secara benar pada konsumen. Namun, hal ini berbeda seperti apa yang diharapkan, iklan yang seharusnya menyampaikan kepada konsumen mengenai informasi atas suatu produk barang/atau jasa secara jelas, jujur dan bertanggung jawab tetapi pada kenyataannya masih sering dijumpai bentuk-bentuk iklan yang merugikan konsumen. Seperti pada kasus PT. Paramount Enterprise Internasional, PT. Cahayabaru Raya Realty, dan PT. Alam Cipta Damai. Perusahaan tersebut memberikan informasi yang tidak sesuai dalam brosur penawarannya. Penelitian ini akan membahas bagaimana perlindungan hukum bagi konsumen perumahan terhadap informasi yang tidak sesuai dalam brosur oleh pengembang dan tanggung jawab pelaku usaha terhadap informasi yang tidak sesuai dalam brosur perumahan yang mengakibatkan kerugian bagi konsumen perumahan. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah yuridis normatif yang lebih mengutamakan data sekunder dan data primer sebagai penunjangnya.Tipe penelitian berupa deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui studi dokumen dan wawancara. Analisis data menggunakan yuridis kualitatif. Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa masih banyaknya pengembang sebagai pelaku usaha yang melakukan pelanggaran-pelanggaran terhadap konsumennya terkait informasi yang tidak sesuai dalam brosur perumahan sehingga pengembang melanggar beberapa peraturan perundang-undangan. Akibatnya konsumen dirugikan dalam hal materiil dan non materiil serta hilangnya hak-hak konsumen akibat penggunaan suatu produk. Maka pemerintah dalam hal ini juga berperan dan bertanggung jawab dalam melakukan pembinaan dan pengawasan perlindungan konsumen untuk melindungi konsumen perumahan terhadap informasi yang tidak sesuai dalam brosur perumahan. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Konsumen, Brosur, Informasi yang Tidak Sesuai
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) | |||||||||
Divisions: | 01-Fakultas Hukum 01-Fakultas Hukum > 74201-Program Studi Ilmu Hukum |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 30 Sep 2021 04:57 | |||||||||
Last Modified: | 30 Sep 2021 04:57 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1825 |
Actions (login required)
View Item |