Kurnia Rahmawati, Anggie (2019) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN ATAS INFORMASI KUALITAS BANGUNAN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi PT. Internusa Cipta Sentosa Pada Perumahan Lebakwana Griya Asri). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN ATAS INFORMASI KUALITAS BANGUNAN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Rumah tinggal termasuk sebagai salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan berumah tangga, dan salah satu tujuan pembangunan, yaitu untuk mewujudkan kesejahteraan umum dan peningkatan taraf hidup bagi rakyat. Memiliki hunian yang baik dengan kualitas yang layak huni merupakan impian setiap orang untuk memenuhi kebutuhan perumahan yang baik dan layak huni, masyarakat membeli perumahan melalui pengembang (developer) perumahan. Kemudian dalam promosinya mulai muncul keresahan ketika konsumen dirugikan akibat informasi kualitas bangunan pada brosur perumahan. Tujuan penulis dalam hal ini ingin mengetahui perlindungan hukum dan pertanggung jawaban pelaku usaha terhadap konsumen perumahan Lebakwana Griya Asri atas informasi kualitas bangunan . Metode penelitian dalam penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian yaitu yuridis normatif dengan data sekunder dan primer sebagai penunjang. Pendekatan penelitian ini berupa pendekatan perundang-undangan dan konseptual, serta teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara berdasarkan penelitian lapangan kemudian didukung dengan analisis data yang bersifat deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa masalah perlindungan konsumen perumahan Lebakwana Griya Asri belum berperan sebagaimana yang diharapkan pada saat ditetapkannya Undang-Undang Perlindungan konsumen dalam kasus timbulnya kerugian akibat kualitas bangunan pada Perumahan Lebakwana Griya Asri serta pelaku usaha bertanggung jawab berdasarkan unsur perbuatan melawan hukum. Adanya pelanggaran Pasal 7 huruf b dan d Jo Pasal 9 Jo Pasal 10 huruf c Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Jika tidak dapat diselesaikan dengan itikad baik, maka para konsumen dapat menggugat ke Pengadilan Negeri berdasarkan gugatan keperdataan bisa dengan mengajukan gugatan ganti kerugian, baik berdasarkan perbuatan melawan hukum, gugatan ingkar janji/wanprestasi ataupun kelalaian dari pengembang PT. Internusa Cipta Sentosa yang menimbulkan kerugian bagi konsumen Perumahan Lebakwana Griya Asri. Kata kunci: Perlindungan Konsumen, Pelaku Usaha, Perumahan
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) | |||||||||
Divisions: | 01-Fakultas Hukum 01-Fakultas Hukum > 74201-Program Studi Ilmu Hukum |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 30 Sep 2021 04:52 | |||||||||
Last Modified: | 30 Sep 2021 04:52 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1822 |
Actions (login required)
View Item |