Suprayogi, Lanang and Sihabudin, Ahmad and Panji, Yearry (2011) PERSEPSI SISWA SMA NEGERI 1 KOTA SERANG TERHADAP BERITA TENTANG GAYA HIDUP (LIFE-STYLE) PADA MAJALAH BIMAGAZINE (Studi Kasus Siswa SMA Negeri 1 Kota Serang Angkatan 2010). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text (Skripsi Prodi. Komunikasi)
SKRIPSI KOM. 062490. LANANG SUPRAYOGI.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
Abstract
Lanang Suprayogi. 062490. Skripsi. Persepsi Siswa SMA Negeri 1 Kota Serang Terhadap Berita tentang Gaya Hidup (Life-Style) pada Majalah BIMagazine (Studi Kasus Siswa SMA Negeri 1 Kota Serang Angkatan 2010) Saat ini majalah yang berlatar belakang tentang gaya hidup (life-style) tidak hanya beredar di kota-kota besar saja. Di daerah seperti Kota Serang pun terdapat majalah BIMagazine yang berlatar belakang tentang gaya hidup (life-style) khususnya gaya hidup para remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa SMA Negeri 1 Kota Serang terhadap berita tentang gaya hidup (lifestyle) pada majalah BIMagazine. Penelitian ini bertolak pada Teori S - R dan Individual Difference. Teori S - R menelaah efek yang ditimbulkan oleh media yang dapat mengubah tindakan komunikasi khalayak berikutnya. Sementara Individual Difference menelaah perbedaan dari setiap efek yang di timbulkan oleh media berkaitan dengan Teori S - R. Metode penelitian yang dipakai adalah metode survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswasiswa SMA Negeri 1 Kota Serang angkatan 2010 dan sempel yang di ambil berjumlah 75 orang dengan menggunakan teknik quota sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan penyebaran kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa mayoritas siswa SMA Negeri 1 Kota Serang khususnya angkatan 2010 memiliki persepsi positif jika dilihat dari faktor pembentukan persepsinya yaitu, seleksi, pengorganisasian dan interpretasi dengan presentase lebih dari 50% menjawab setuju. Namun ada juga siswa SMA Negeri 1 Kota Serang khususnya angkatan 2010 yang menjawab tidak setuju dengan presentase lebih dari 14%. Perbedaan persepsi tersebut di picu oleh perbedaan dari setiap individunya mengenai, latar belakang budaya, pengalaman masa lalu, nilai-nilai yang dianut, dan berita-berita yang berkembang. Kesimpulan penelitian ini adalah mayoritas siswa SMA Negeri 1 Kota Serang khususnya angkatan 2010 memiliki persepsi positif terhadap berita tentang gaya hidup (life-style) pada majalah BIMagazine. Namun masih belum dapat di terima oleh semua pembaca majalah BIMagazine yang terdapat pada SMA Negeri 1 Kota Serang khususnya angkatan 2010. Sarannya adalah diharapkan bagi penerbit majalah BIMagazine untuk mengurangi porsi berita atau informasi mengenai fenomena tentang gaya hidup (life-style). Kemudian untuk pelaku media lokal Banten lainnya yang ingin menerapkan konsep tentang gaya hidup (life-style) dan diterbitkan di Kota Serang, sebaiknya lebih hati-hati lagi ketika mengeksplorasi berita atau informasi tentang fenomena gaya hidup (life-style).
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | ABSTRACT: Lanang Suprayogi. 062490. A Research Paper. The Perceptions Student SMA Negeri 1 Kota Serang Toward News about Life-Style in BIMagazine (Study Case of Student of SMA Negeri 1 Kota Serang Sempel Force 2010) Currently backgrounds magazine about lifestyle are not only outstanding in big cities only. In areas such as Serang City BIMagazine also contained a background of lifestyle, especially the youth lifestyle. The purpose of this study is to determine how perceptions of students SMA Negeri 1 Kota Serang to the news about the lifestyle on BIMagazine. The study was based on the theory of S - R and Individual Difference. The theory of S - R examines the effects of media communication that can change the action the next audience. While Individual Difference examines the differences of each effect caused by the media in relation to the theory of S - R. The research method used is descriptive method with approach quantitative survey. The study population were students SMA Negeri 1 Kota Serang sempel force 2010 and the subscription amounted to 75 people using the quota sampling technique. Data collection technique used was to the spreading of questionnaires, interviews and documentation. Based on the results of this research is that the majority of students SMA Negeri 1 Kota Serang sempel force 2010 have positive perceptions when seen from the perception that the formation factor, selection, organization and interpretation with a percentage more than 50% answered agree. But there are also students who SMA Negeri 1 Serang sempel force 2010 who responded did not agree with a percentage more than 14%. Differences in perceptions are in the trigger by the differences of each individual regarding, cultural background, past experience, the values adopted, and news from the developing world. The conclusion of this study is the majority of high school students in SMA Negeri 1 Kota Serang sempel force 2010 have a positive perception of the news about the lifestyle on BIMagazine. But still can not fully accepted by all readers of the magazine BIMagazine contained in SMA Negeri 1 Kota Serang sempel force 2010. His advice is to be expected for a magazine publisher BIMagazine to reduce the portion of news or information about the phenomenon of lifestyle. Then for local media players Banten others who wish to apply the concept of lifestyle and published in the city of Serang, should be more careful again when exploring the phenomenon of news or information about lifestyle. |
Subjects: | Communication > Science Journalism Communication > Communication (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 18 Feb 2013 05:59 |
Last Modified: | 17 May 2013 08:04 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/181 |
Actions (login required)
View Item |