Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Potensi Likuifaksi Berdasarkan Data Penyelidikan Tanah Standard Penetration Test (SPT) (Studi Kasus : Cross Taxiway Timur Bandara Soekarno – Hatta Tangerang)

Enden Mina (2020) Potensi Likuifaksi Berdasarkan Data Penyelidikan Tanah Standard Penetration Test (SPT) (Studi Kasus : Cross Taxiway Timur Bandara Soekarno – Hatta Tangerang). EC00202054154.

[img] Text (SURAT PENCATATAN CIPTAAN)
4 Binder sertifikat_EC00202054154.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Bandar Udara Soekarno Hatta di Kota Tangerang merupakan salah satu Objek Vital Nasional yang mana dalam pengembangannya memerlukan perhitungan dan perancangan yang matang dikarenakan lokasi tersebut berada pada wilayah pesisir Pantai Utara Jawa yang diperkirakan memiliki jenis tanah berpasir dimana potensi likuifaksi dapat terjadi, sehingga mengacu pada bahaya yang dapat ditimbulkan oleh likuifaksi maka penting untuk menganalisis potensi likuifaksi yang dapat terjadi. Penelitian ini bertujuan mengetahui potensi likuifaksi yang mungkin terjadi pada tanah di Bandara Soekarno-Hatta terutama pada area proyek pembangunan cross taxiway timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa nilai safety factor yang didapatkan dengan membandingkan nilai Cyclic Stress Ratio dan Cyclic Resistance Ratio dengan menggunakan parameter tanah yang berasal dari data uji bor (NSPT) dan sondir (CPT). Suatu tanah akan terlikuifaksi apabila memiliki nilai safety factor kurang dari satu dan tidak terlikuifaksi apabila nilainya lebih atau sama dengan satu. Berdasarkan hasil penelitian setelah dilakukannya perhitungan dan analisis likuifaksi dengan nilai percepatan gempa rata-rata kota Tangerang sebesar 0,35 g. diketahui seluruh area cross taxiway timur Bandara Soekarno Hatta memiliki potensi untuk mengalami likuifaksi. Berdasarkan perhitungan dengan interpretasi data CPT akan mengalami likuifaksi pada rentang kedalaman 9,2m– 13,6m, sedangkan dengan menggunakan data SPT berpotensi mengalami likuifaksi pada rentang kedalaman 2m-20m. Kata kunci: Likuifaksi, Cyclic Stress Ratio, Cyclic resistance Ratio, N-SPT, Sondir

Item Type: Patent
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
AuthorMina, Enden197305062006042001
AuthorKusuma, Rama Indera198108222006041001
AuthorMuzaky, Kiki AriandhikaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Mrs. ENDEN MINA
Date Deposited: 14 Mar 2023 10:57
Last Modified: 14 Mar 2023 10:57
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/17570

Actions (login required)

View Item View Item