Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN SEARCH ENGINE GOOGLE DAN KREATIVITAS MAHASISWA (Survei terhadap Mahasiswa Komunikasi Reguler FISIP Untirta TA 2008/2009)

Pramesti, Niken and Ahmad, Ikhsan and Widyaningtyas, Mia Dwiana (2011) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN SEARCH ENGINE GOOGLE DAN KREATIVITAS MAHASISWA (Survei terhadap Mahasiswa Komunikasi Reguler FISIP Untirta TA 2008/2009). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi Prodi. Komunikasi)
SKRIPSI KOM NIKEN PRAMESTI.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Niken Pramesti. 6662072958. SKRIPSI. Hubungan antara Penggunaan Search Engine Google dan Kreativitas Mahasiswa. Program Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2011 Penggunaan search engine Google merupakan suatu alternatif media pencarian informasi di berbagai website di seluruh dunia yang dapat diakses secara cepat, terutama bagi mahasiswa yang membutuhkan informasi guna menunjang pengetahuan serta media belajar yang positif. Semakin besar ingin tahu mereka terhadap sesuatu hal, semakin besar pula peluang mereka untuk dapat berpikir kreatif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara penggunaan search engine Google dan kreativitas mahasiswa. Penelitian ini bertitik tolak dari Uses and Gratifications Model. Model ini memusatkan perhatian pada penggunaan (uses) media untuk mendapatkan kepuasan (gratifications) atau kebutuhan seseorang. Model ini tidak tertarik pada apa yang dilakukan media pada diri seseorang, tetapi ia tertarik pada apa yang dilakukan orang terhadap media. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksplanatif survei dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan penjelasan tentang hubungan antara penggunaan search engine Google dan kreativitas mahasiswa. Data dalam penelitian ini berupa data yang berskala interval. Maka, untuk mengetahui adanya hubungan penggunaan search engine Google dan kreativitas mahasiswa analisis yang digunakan adalah Product Moment Correlations. Dalam penelitian ini penulis menggunakan seluruh populasi sebagai sampel penelitian, yaitu mahasiswa komunikasi reguler FISIP Untirta TA 2008/2009 yang berjumlah 91 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil perhitungan, penggunaan search engine Google tergolong baik dengan perolehan persentase sebesar 77,76%. Hal ini terlihat pada kemudahan mahasiswa dalam pencarian informasi sebesar 87,4%, kemudian fasilitas yang diberikan search engine google memberikan kontribusi sebesar 81,2%, namun mahasiswa masih menemukan kesulitan dalam menemukan informasi sebesar 69,27%. Sementara itu, kreativitas mahasiswa pun tergolong baik dengan perolehan persentase sebesar 74,96%, diantaranya tercermin pada aspek kognitif sebesar 76,39% dan aspek afektif sebesar 74%. Secara garis besar, hasil penelitian ini menyatakan penggunaan search engine Google tersebut memberikan hubungan yang cukup berarti pada kreativitas mahasiswa sebesar 20,25%. Tidak luput dari semuanya, penelitian ini diharapkan dapat menambah dan memberikan sumbangan pemikiran, serta dapat bermanfaat untuk pengembangan studi ilmu komunikasi. Kata Kunci : Search Engine, Google, Kreativitas

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT: Niken Pramesti. 6662072958. THESIS. Correlation Between Google Search Engine and Students Creativeness. Comunication Science. Faculty of Social and Politics Science. Sultan Ageng Tirtayasa University. 2011 The use of Google search engine is an information search alternatives in a lot of websites around this world that can be quickly accessed, especially for students who need the information to support positive knowledge and media studies. The bigger their curiosity in something, the bigger the chance for them to think creative. Because of that, this research is focused in finding how big the correlation is between the use of Google search engine and student creativeness. This research has a starting point from Uses and Gratifications Model. This model is focusing the attention to the media usage to achieve someone's gratifications or needs. This model is not interested to what the media does towards someone, but instead to what someone does towards the media. Survey explanatory method with quantity approach is used for this research. The main purpose of this research is to give an explanation about the correlation between the use of Google search engine and student creativeness. The data that's used in this research is data in an interval scale. Because of that, product moment correlation analyctic is used to find out the correlation between the use of Google search engine and student creativeness. In this research, writer uses whole population as the chosen sample, who are the 91 regular students of communication of FISIP Untirta year of 2008/2009. The technique to collect the data is by spreading questionnaires, and docomentation. Based on calcullation result, the use of Google search engine is a good thing by gaining 77.6% of the percentage. This can seen of students easiness on information in the percentage of 87.4%, and then the facilities that can be of google search engine it given in the percentage of 81.2%, however the students still find difficult finding of information in the percentage of 69.27%. Meanwhile, for student creativeness by gaining 74.96% of the percentage, such be reflected in cognitive aspects in the percentage 76.39% and affective aspects in the percentage of 74%. In overall, the result of this research states that the use of Google search engine gives a significant correlation to student creativeness in the percentage of 20.25%. Last but not least, this research is hoped to add and give contribution of thoughts and useful for the development of studies in communication science. Key word : Search Engine, Google, Creativeness
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 18 Feb 2013 03:40
Last Modified: 17 May 2013 06:44
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/174

Actions (login required)

View Item View Item