Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH LIKUIDITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL ANTESEDEN (Studi Empiris Pada Perusahaan Subsektor Pertambangan BatuBara yang Terdaftar Di BEI Priode 2011-2020)

MAULANA, SEPTHIO IQBAL (2022) PENGARUH LIKUIDITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL ANTESEDEN (Studi Empiris Pada Perusahaan Subsektor Pertambangan BatuBara yang Terdaftar Di BEI Priode 2011-2020). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
SEPTHIO IQBAL MAULANA_5551180154_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
SEPTHIO IQBAL MAULANA_5551180154_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)
[img] Text (BAB II)
SEPTHIO IQBAL MAULANA_5551180154_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB III)
SEPTHIO IQBAL MAULANA_5551180154_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
SEPTHIO IQBAL MAULANA_5551180154_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
SEPTHIO IQBAL MAULANA_5551180154_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (REFERENCES)
SEPTHIO IQBAL MAULANA_5551180154_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
SEPTHIO IQBAL MAULANA_5551180154_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Likuiditas yang diproxykan dengan Current Ratio (CR) terhadap Struktur Modal yang diproxykan Debt Equity Ratio (DER) dengan menggunakan Profitabilitas yang diproxykan dengan Return on Equity (ROE) sebagai Variabel Intervening serta Ukuran Perusahaan yang diproxykan dengan Total Asset (Ln Total Assets) sebagai Variabel Anteseden Pada Perusahaan Pertambangan Subsektor Pertambangan Batubara yang Terdaftar Di BEI Periode 2011-2020. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh perusahaan yang ada di subsektor batubara yang terdaftar di BEI periode 2011-2020 yakni selama 10 tahun berjumlah 16 perusahaan. Pengambilan sampel dalam studi penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik non-probability sampling melalui penggunaan sampling jenuh, yang artinya seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diakses melalui situs website www.idx.co.id dan yang diberasal dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) dari tahun 2011–2020. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah teknik dokumentasi, yaitu menulusuri dan mengumpulkan data sekunder. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis deskriptif kemudian dilakukan pemilihan teknik estimasi regresi data panel yakni diantaranya common effect model (CEM), fixed effect model (FEM) ataupun random effect model (REM) dengan menggunakan uji chouw dan uji hausman, lalu dilanjut analisis jalur (path analysis), lalu uji asumsi klasik yakni uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas dan pengujian hipotesis uji parsial (uji T) dan dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukan likuiditas berpengaruh negatif terhadap struktur modal, likuiditas berpengaruh positif terhadap profitabilitas, profitabilitas tidak berpengaruh terhadap struktur modal, ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap profitabilitas, profitabilitas memediasi likuiditas terhadap struktur modal. Kata Kunci : Likuiditas (CR), Struktur Modal (DER), Profitabilitas (ROE), Ukuran Perusahaan (Ln Total Asset)

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
UNSPECIFIEDIchwanudin, Wawan197510232005011003
UNSPECIFIEDKhaerunnisa, Enis198102152007012001
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Likuiditas yang diproxykan dengan Current Ratio (CR) terhadap Struktur Modal yang diproxykan Debt Equity Ratio (DER) dengan menggunakan Profitabilitas yang diproxykan dengan Return on Equity (ROE) sebagai Variabel Intervening serta Ukuran Perusahaan yang diproxykan dengan Total Asset (Ln Total Assets) sebagai Variabel Anteseden Pada Perusahaan Pertambangan Subsektor Pertambangan Batubara yang Terdaftar Di BEI Periode 2011-2020. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh perusahaan yang ada di subsektor batubara yang terdaftar di BEI periode 2011-2020 yakni selama 10 tahun berjumlah 16 perusahaan. Pengambilan sampel dalam studi penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik non-probability sampling melalui penggunaan sampling jenuh, yang artinya seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diakses melalui situs website www.idx.co.id dan yang diberasal dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) dari tahun 2011–2020. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah teknik dokumentasi, yaitu menulusuri dan mengumpulkan data sekunder. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis deskriptif kemudian dilakukan pemilihan teknik estimasi regresi data panel yakni diantaranya common effect model (CEM), fixed effect model (FEM) ataupun random effect model (REM) dengan menggunakan uji chouw dan uji hausman, lalu dilanjut analisis jalur (path analysis), lalu uji asumsi klasik yakni uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas dan pengujian hipotesis uji parsial (uji T) dan dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukan likuiditas berpengaruh negatif terhadap struktur modal, likuiditas berpengaruh positif terhadap profitabilitas, profitabilitas tidak berpengaruh terhadap struktur modal, ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap profitabilitas, profitabilitas memediasi likuiditas terhadap struktur modal. Kata Kunci : Likuiditas (CR), Struktur Modal (DER), Profitabilitas (ROE), Ukuran Perusahaan (Ln Total Asset)
Uncontrolled Keywords: Likuiditas (CR), Struktur Modal (DER), Profitabilitas (ROE), Ukuran Perusahaan (Ln Total Asset)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis
05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 61201-Program Sarjana Manajemen
Depositing User: Mr Septhio Iqbal Maulana
Date Deposited: 12 Oct 2023 14:00
Last Modified: 12 Oct 2023 14:00
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/17297

Actions (login required)

View Item View Item