Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

OPTIMASI RANGKA BAWAH SULTAN WIND TURBINE V5 DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOPOLOGI OPTIMISASI

HAFIZH GHIFARI, FARHAN (2022) OPTIMASI RANGKA BAWAH SULTAN WIND TURBINE V5 DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOPOLOGI OPTIMISASI. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
FARHAN_3331150026_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
FARHAN_3331150026_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI)
FARHAN_3331150026_FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
FARHAN_3331150026_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
FARHAN_3331150026_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
FARHAN_3331150026_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
FARHAN_3331150026_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
FARHAN_3331150026_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text
FARHAN_3331150026_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)

Abstract

Sultan wind turbine merupakan salah satu produk dari Lab Rekayasa Energi Baru Terbarukan Fakultas Teknik Untirta yang telah berkembang dari tahun ke tahun hingga saat ini. Dalam rangka mengikuti perkembangan industri di zaman sekarang maka dibutuhkan pembaharuan guna untuk memperbaiki dan memutakhirkan teknologi yang terdapat pada sultan wind turbine. Salah satunya adalah pembaharuan rangka menggunakan metode topologi optimisasi pada perancangan desain. Secara khusus, topologi optimisasi saat ini dilihat sebagai penyedia kemungkinan untuk mewujudkan desain yang benar-benar dioptimalkan manufaktur melalui optimasi topologi. Optimasi topologi merupakan pendekatan yang dianggap ampuh dalam desain karena berkontribusi pada desain yang dapat menghemat energi, bahan dan waktu yang tidak dapat dicapai secara ekonomis menggunakan proses manufaktur lainnya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengeksplorasi potensi pendekatan desain optimasi topologi untuk AM (Additive manufacturing) dalam mengembangkan produk yang ringan dan sekaligus efisien serta memiliki daya dukung beban. tren baru yang penting dalam manufaktur aditif adalah penggunaan pengoptimalan untuk mendesain objek industri secara otomatis, seperti balok, kemudi, atau sayap. Optimasi topologi, seperti yang sering disebut, komputer konfigurasi material terbaik di atas ruang 3d, biasanya direpresentasikan sebagai grid, untuk memenuhi atau mengoptimalkan parameter fisik. Desainer yang menggunakan sistem otomatis ini sering berusaha memahami interaksi batasan fisik dengan desain akhir dan implikasinya terhadap karakteristik fisik lainnya. Pemahaman tersebut adalah penantang menggunakan pendekatan visualisasi untuk mengeksplorasi ruang solusi desain. Inti dari pendekatan baru kami adalah untuk meringkas ruang (ensemble of solutions) dengan secara otomatis memilih satu set contoh dan parameterisasi ruang desain yang dapat dieksplorasi menggunakan teknik visualisasi standar untuk ruang dimensi tinggi. Topologi menyajikan evaluasi teknik pemilihan subset dan bahwa pendekatan keseluruhan memenuhi kebutuhan perancang ahli.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorERWIN, ERWIN197310062009121001
Thesis advisorWIYONO, SLAMET197312182005011001
Additional Information: Sultan wind turbine merupakan salah satu produk dari Lab Rekayasa Energi Baru Terbarukan Fakultas Teknik Untirta yang telah berkembang dari tahun ke tahun hingga saat ini. Dalam rangka mengikuti perkembangan industri di zaman sekarang maka dibutuhkan pembaharuan guna untuk memperbaiki dan memutakhirkan teknologi yang terdapat pada sultan wind turbine. Salah satunya adalah pembaharuan rangka menggunakan metode topologi optimisasi pada perancangan desain. Secara khusus, topologi optimisasi saat ini dilihat sebagai penyedia kemungkinan untuk mewujudkan desain yang benar-benar dioptimalkan manufaktur melalui optimasi topologi. Optimasi topologi merupakan pendekatan yang dianggap ampuh dalam desain karena berkontribusi pada desain yang dapat menghemat energi, bahan dan waktu yang tidak dapat dicapai secara ekonomis menggunakan proses manufaktur lainnya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengeksplorasi potensi pendekatan desain optimasi topologi untuk AM (Additive manufacturing) dalam mengembangkan produk yang ringan dan sekaligus efisien serta memiliki daya dukung beban. tren baru yang penting dalam manufaktur aditif adalah penggunaan pengoptimalan untuk mendesain objek industri secara otomatis, seperti balok, kemudi, atau sayap. Optimasi topologi, seperti yang sering disebut, komputer konfigurasi material terbaik di atas ruang 3d, biasanya direpresentasikan sebagai grid, untuk memenuhi atau mengoptimalkan parameter fisik. Desainer yang menggunakan sistem otomatis ini sering berusaha memahami interaksi batasan fisik dengan desain akhir dan implikasinya terhadap karakteristik fisik lainnya. Pemahaman tersebut adalah penantang menggunakan pendekatan visualisasi untuk mengeksplorasi ruang solusi desain. Inti dari pendekatan baru kami adalah untuk meringkas ruang (ensemble of solutions) dengan secara otomatis memilih satu set contoh dan parameterisasi ruang desain yang dapat dieksplorasi menggunakan teknik visualisasi standar untuk ruang dimensi tinggi. Topologi menyajikan evaluasi teknik pemilihan subset dan bahwa pendekatan keseluruhan memenuhi kebutuhan perancang ahli.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Mr FARHAN HAFIZH GHIFARI
Date Deposited: 09 Nov 2022 13:53
Last Modified: 09 Nov 2022 13:53
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/17182

Actions (login required)

View Item View Item