Mahmudoh, Siti and Setyorini, Deviani and Nesia, Andin (2011) PENGARUH TERPAAN IKLAN DI TELEVISI TERHADAP KESADARAN MERK Uji Pengaruh Terpaan Iklan “Kartu As versi Smash” di Televisi terhadap Kesadaran Merk pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Untirta Angkatan 2006-2010. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text (Skripsi Prodi. Komunikasi)
SKRIPSI KOM SITI MAHMUDOH 073056.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
Abstract
Siti Mahmudoh. NIM 6662073056. Skripsi. “Pengaruh Terpaan Iklan di Televisi terhadap Kesadaran Merk Uji Pengaruh Terpaan Iklan “Kartu As versi Smash” terhadap Kesadaran merk pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Untirta Angkatan 2006-2010. Iklan menjadi industri yang mengeluarkan belanja cukup besar di negeri ini. Telkomsel memanfaatkan iklan televisi itu untuk memberikan informasi mengenai produk dan layanan baru. Telkomsel memberikan kontribusi terbesar dalam belanja iklan tahun 2010. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana terpaan iklan Kartu As versi “Smash” di televisi dapat mempengaruhi kesadaran merk pada mahasiswa jurusan ilmu komunikasi Untirta. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan Kartu As versi “Smash” di televisi terhadap kesadaran merk pada mahasiswa jurusan ilmu komunikasi Untirta. Teori yang digunakan dakam penelitian ini adalah Hierarchy of Effect Model dan Advertising Exposure Process Model. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini bersifat eksplanatif. Data dikumpulkan dari hasil kuesioner dan dokumentasi. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah mahasiswa ilmu komunikasi Untirta yang aktif kuliah pada angkatan 2006-2011 sebanyak 87 mahasiswa jurusan ilmu komunikasi Untirta. Hasil penelitian ini adalah analisis korelasi Pearson Product Moment menunjukkan terdapat hubungan yang kuat, positif dan signifikan antara antara terpaan iklan “Kartu As versi Smash” dengan kesadaran merk pada mahasiswa ilmu komunikasi Untirta sebesar 0,614. Kemudian perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar 0,378 atau 37,8% sehingga dapat dijelaskan bahwa sebesar 37,8% pembentukan kesadaran merk yang terjadi dapat dipengaruhi oleh terpaan iklan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Terpaan iklan “Kartu As versi Smash” menunjukkan frekuensi, durasi dan intensitas yang cukup tinggi menerpa mahasiswa ilmu komunikasi Untirta. Kesadaran merk Kartu As pada mahasiswa ilmu komunikasi Untirta pada tahap kognitif adalah tinggi sedangkan pada tahap afektif dan behavior adalah rendah. Sebesar 37,8% pembentukan kesadaran merk yang terjadi dapat dipengaruhi oleh terpaan iklan sisanya dipengaruhi oleh faktorfaktor lain. Peneliti merekomendasikan agar penelitian selanjutnya melakukan penelitian tentang terpaan iklan selain media televisi, selain itu peneliti menyarankan kepada pihak Telkomsel bahwa dalam membuat iklan sebaiknya isi iklan lebih informatif dan tidak hanya melakukan promosi melalui iklan, tetapi melakukan bauran komunikasi pemasaran yang lain.
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | ABSTRACT: Siti Mahmudoh. NIM 6662073056. Thesis. “Influence ad exsposure on television into Brand Awareness test The influence of “Kartu As version Smash” ad exsposure on television to Brand Awareness in the university student Department of Communication Science Untirta lift 2006-2010. Ad spending to be industries that spend large enough in this country. Telkomsel use television advertising to provide information about new products and services.Telkomsel give the largest contribution in ad spending in 2010. Then problem formulation are how ad exposure “Kartu As version of Smash" on television can influence brand awareness in university students communication sciences Untirta. Purpose of this research is to know influence of ad exposure “Kartu As version of Smash" on television to brand awareness in university students department communication sciences Untirta. Theories used this research is the Hierarchy of Effect Model and Advertising Exposure Process Model. This research using survey method with quantitative approach. This research in an explanative. Data were collected from the questionnaires and documentation. Samples taken in this research is university student Department of Communication Science Untirta active in the lift 2006-2011 as many as 87 university students. The results of this research is the Pearson Product Moment correlation analysis showed a strong relationship exists, the positive and significant relationship between ad exposure Kartu As version of "Smash" with brand awareness in communication science university students Untirta of 0.614. Then the calculation of the coefficient of determination is equal to 0.378 or 37.8% so it can be explained that at 37.8% the formation of brand awareness that occurs can be affected by ad exposure. This research finally concludes to advertisements “Kartu As version of Smash” showed enough high frequence, duration and intensity in university student communication science Untirta. Kartu As brand awareness in communication science student at the cognitive stage is high while in the stage of affective and behavior is low. 37.8% for the formation of brand awareness that occurs can be affected by exposure to the remaining ads are influenced by other factors.the researcher recommends that future researcher about ad exposure the other than media television. In addition to Telkomsel, researcher suggest the ad should make ad content more informative and not only do promotion through ad, but do other marketing mix communications. |
Subjects: | Communication > Public Relations Science Communication > Communication (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 18 Feb 2013 02:51 |
Last Modified: | 17 May 2013 06:26 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/169 |
Actions (login required)
View Item |