Septian, Angga and Praceka, Puspita Asri and Nurjuman, Husnan (2021) KONTEN PESAN AJAKAN HIJRAH DI INSTAGRAM (Analisis Isi Akun @shiftmedia.id). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.
Text
Skripsi Full Angga Septian.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Angga Septian. NIM. 6662141326. Skripsi. Konten Pesan Ajakan Hijrah di Instagram (Analisis Isi Akun @shiftmedia.id). Pembimbing 1: Puspita Asri Praceka, S.Sos., M.Ikom. Pembimbing 2: Husnan Nurjuman, S.Ag., M.Si. Penggunaan media sosial Instagram pada kalangan remaja juga sering dimanfaatkan sebagai alat untuk mecari dan mendapatkan informasi seputar keagamaan, hal tersebut membuat hijrah sebagai trend hadir dan berkembang di kalangan remaja. Akun Instagram @shiftmedia.id menyampaikan pesan dakwah terkait ajakan hijrah melalui unggahannya di kalangan remaja, menjadikan akun tersebut sebagai salah satu akun Instagram keagamaan yang populer di kalangan remaja. Tujuan dari penelitian ini, adalah untuk mengetahui konten pesan ajakan hijrah dalam unggahan akun @shiftmedia.id. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menggunakan metode analisis isi untuk menganalisa unggahan @shiftmedia.id selama bulan ramadhan. Peneliti menggunakan teori mediatisasi agama dalam menganalisis isi konten pesan dakwah terkait ajakan hijrah di akun tersebut. Hasil penelitian ini menemukan jika @shiftmedia menggunakan tiga aspek dakwah; terkait ibadah, akidah, dan akhlak, dalam menyampaikan pesan dakwah ajakan hijrah di unggahannya. @shiftmedia.id juga menggunakan konten yang menarik hati kalangan remaja. Konten tersebut dibalut menggunakan cuplikan video, foto, dan meme lucu, membuat konten pesan ajakan hijrah yang dihadirkan tidak hanya informatif, tapi juga menghibur. Kata kunci: Mediatisasi Agama, Instagram, Media Baru, Hijrah ABSTRACT AnggaSeptian. NIM. 6662141326. Undergraduate Thesis. Persuasive Messages Content of Hijrah on Instagram (Content Analysis of @shiftmedia.id Account). Advisor 1: Puspita Asri Praceka, S.Sos., M.Ikom. Advisor 2: HusnanNurjuman, S.Ag., M.Si. The use of social media Instagram among adolescents is often used as a tool to find information about religion, it makes hijrah a trend that is present and growing on social media among adolescents. One Instagram account @shiftmedia.id, conveying dakwah messages throughout their contents to persuade adolescents to hijrah, makes the account become one of the most popular Instagram account related to religious topics. The purpose of this study was to perceive the persuasive content of hijrah in @shiftmedia.id's posts. With a descriptive qualitative approach, this study used content analysis to analyze @shiftmedia.id's content during the month of ramadhan. This study used mediatization of religion theory in analyzing the content of dakwah related to hijrah messages in @shiftmedia.id posts. The result of this study discovered that @shiftmedia.id used three aspects of dakwah; related to praying, akidah, and akhlak, in conveying persuasive dakwah messages to hijrah on their posts. @shiftmedia.id also used videos, photos, and funny memes to makes their contents not only informative, but also entertaining. Keywords: Mediatizations of Religion, Instagram, New Media, Hijrah
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Communication > Communication (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Perpustakaan FISIP |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 16:15 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 16:15 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1689 |
Actions (login required)
View Item |