Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA PAUD ANYELIR JAKARTA BARAT

Aisyah, Risa (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA PAUD ANYELIR JAKARTA BARAT. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Risa Aisyah_2221180006_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Risa Aisyah_2221180006_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Risa Aisyah_2221180006_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB)
[img] Text
Risa Aisyah_2221180006_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
Risa Aisyah_2221180006_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB)
[img] Text
Risa Aisyah_2221180006_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
Risa Aisyah_2221180006_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
Risa Aisyah_2221180006_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Manajemen kelas merupakan suatu upaya yang dilakukan guru dalam menciptakan dan mempertahankan suasana kelas yang kondusif dengan melakukan pengorganisasian kelas seoptimal mungkin untuk menunjang program pada saat di kelas. Dengan beragam permasalahan mulai dari sarana dan prasarana, jumlah pendidik dan tenaga kependidikan, tata ruang kelas, keterampilan guru dalam mengelola kelas maka tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) proses implementasi manajemen kelas PAUD dalam meningkatkan kedisiplinan siswa PAUD Anyelir Jakarta Barat, (2) hasil implementasi manajemen kelas PAUD dalam meningkatkan kedisiplinan siswa PAUD Anyelir Jakarta Barat, (3) faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen kelas PAUD dalam meningkatkan kedisiplinan siswa PAUD Anyelir Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di PAUD Anyelir Semanan Kalideres Jakarta Barat DKI JAKARTA. Sumber data penelitian ini terdiri dari 1 orang kepala sekolah, 2 orang guru, dan 7 orang wali murid PAUD Anyelir Jakarta Barat. Langkah-langkah pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara langsung dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa: (1) implementasi manajemen kelas sudah mealui proses yang terorganisir melalui proses perencanaan ruang kelas, pembagian siswa, dan juga penyediaan alat peraga, pengorganisasian meliputi fasilitas, perlengkapan penunjang, struktur organisasi, pengarahan terdiri dari rincian biaya, pengaturan pola duduk dan pemberian motivasi, dan pengawasan terkait evaluasi, penindakan siswa dan penilaian. (2) Kedisiplinan siswa dalam masuk sekolah, mengikuti pelajaran di sekolah, mengerjakan tugas, belajar di rumah dan mentaati tata tertib sekolah sudah terbilang cukup baik. (3) faktor pendukung implementasi manajemen kelas terdiri dari faktor dinamika kelas, faktor kurikulum, faktor murid.adapun penghambatnya adalah faktor gedung dan sarana kelas, faktor guru. Saran dalam penelitian ini diharapkan pengelola PAUD Anyelir mampu menambahkan pendidik dan tenaga kependidikan dan juga memperbaiki fasilitas yang sudah mulai tidak bisa digunakan. Hasil pada penelitian ini yaitu manajemen atau pengelolaan kelas yang diadakan guru telah berjalan sesuai dengan indikator yang ada dan mampu meningkatkan kedisiplinan kepada siswa. Kata kunci: Implementasi manajemen kelas, kedisiplinan , siswa PAUD.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHaila, Hidayatullah199509151986031003
Thesis advisorSiregar, Herlina0422058801
Additional Information: Manajemen kelas merupakan suatu upaya yang dilakukan guru dalam menciptakan dan mempertahankan suasana kelas yang kondusif dengan melakukan pengorganisasian kelas seoptimal mungkin untuk menunjang program pada saat di kelas. Dengan beragam permasalahan mulai dari sarana dan prasarana, jumlah pendidik dan tenaga kependidikan, tata ruang kelas, keterampilan guru dalam mengelola kelas maka tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) proses implementasi manajemen kelas PAUD dalam meningkatkan kedisiplinan siswa PAUD Anyelir Jakarta Barat, (2) hasil implementasi manajemen kelas PAUD dalam meningkatkan kedisiplinan siswa PAUD Anyelir Jakarta Barat, (3) faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen kelas PAUD dalam meningkatkan kedisiplinan siswa PAUD Anyelir Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di PAUD Anyelir Semanan Kalideres Jakarta Barat DKI JAKARTA. Sumber data penelitian ini terdiri dari 1 orang kepala sekolah, 2 orang guru, dan 7 orang wali murid PAUD Anyelir Jakarta Barat. Langkah-langkah pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara langsung dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa: (1) implementasi manajemen kelas sudah mealui proses yang terorganisir melalui proses perencanaan ruang kelas, pembagian siswa, dan juga penyediaan alat peraga, pengorganisasian meliputi fasilitas, perlengkapan penunjang, struktur organisasi, pengarahan terdiri dari rincian biaya, pengaturan pola duduk dan pemberian motivasi, dan pengawasan terkait evaluasi, penindakan siswa dan penilaian. (2) Kedisiplinan siswa dalam masuk sekolah, mengikuti pelajaran di sekolah, mengerjakan tugas, belajar di rumah dan mentaati tata tertib sekolah sudah terbilang cukup baik. (3) faktor pendukung implementasi manajemen kelas terdiri dari faktor dinamika kelas, faktor kurikulum, faktor murid.adapun penghambatnya adalah faktor gedung dan sarana kelas, faktor guru. Saran dalam penelitian ini diharapkan pengelola PAUD Anyelir mampu menambahkan pendidik dan tenaga kependidikan dan juga memperbaiki fasilitas yang sudah mulai tidak bisa digunakan. Hasil pada penelitian ini yaitu manajemen atau pengelolaan kelas yang diadakan guru telah berjalan sesuai dengan indikator yang ada dan mampu meningkatkan kedisiplinan kepada siswa. Kata kunci: Implementasi manajemen kelas, kedisiplinan , siswa PAUD.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Mrs Risa Aisyah
Date Deposited: 15 Feb 2023 09:26
Last Modified: 15 Feb 2023 09:26
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/16542

Actions (login required)

View Item View Item