Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO-VISUAL ANIMASI PADA HASIL PENELITIAN KETAHANAN PANGAN

Gumelar, Rangga G. and Mukhroman, Iman and syihabudin, syihabudin (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO-VISUAL ANIMASI PADA HASIL PENELITIAN KETAHANAN PANGAN. Jurnal Riset Komunikasi, 11 (1). pp. 26-33. ISSN 2686-4754

[img] Text
Pengembangan Media (JRK)_Rangga.pdf - Published Version

Download (368kB)

Abstract

Tantangan pada era disruptif 4.0, dosen harus dapat memanfaatkan saluran informasi yang beragam saat ini. Artinya dosen sebagai pengajar, dituntut untuk dapat menjelaskan bidang ilmu yang diajarnya sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukannya. Untirta dalam kurun waktu tiga tahun terakhir telah banyak melakukan penelitian-penelitian yang terkait dengan ketahanan pangan lokal yang ada di Provinsi Banten saat ini, khususnya terkait pangan lokal diantaranya Bandeng, Jagung dan Aren. Untuk kemudian dapat menjelaskan dan menyebarluaskan informasi terhadap hasil penelitian tersebut, maka dikembangkan konsep pengembangan media pembelajaran melalui audio visual animasi berdasarkan pada hasil riset ketahanan pangan yang telah dilakukan. Hasil dari audio visual animasi ini kemudian diuji pada 60 mahasiswa Untirta yang dilakukan secara random dengan menggunakan penyebaran kuisoner dengan pengujian t-test. Hasil dari pengujian yang dilakukan didapatkan bahwa pengembangan media pembelajaran ini memberikan pengaruh pada kognitif mahasiswa.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
AuthorGumelar, Rangga Galura198102212008121002
Authormukhroman, iman197502022002121002
CorrespondentGumelar, Rangga Galura198102212008121002
Authorsyihabudin, syihabudin196701102002121001
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Dr. Ing Rangga Galura Gumelar
Date Deposited: 12 Oct 2022 17:38
Last Modified: 12 Oct 2022 17:38
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/16504

Actions (login required)

View Item View Item