Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) PERUSAHAAN DALAM INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI)

Permata Sari, Tiara (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) PERUSAHAAN DALAM INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) PERUSAHAAN DALAM INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI).pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)

Abstract

The aim of this study is to obtain an empirical evidence about factors that affect Islamic Social Reporting (ISR) in company’s annual report. The factors thad used in this study such as : islamic securities, profitability, industry size, company type and company age. Measurement of Islamic Social Reporting is based on Islamic social reporting categories that used to calculate the Islamic Social Reporting Index as seen from the company’s annual report. Samples in this study are 30 companies in Indonesia Sharia Share Index (ISSI) and listed of Indonesia Stock Exchange in 2013-2016. The sampling method in this study are probability sampling and purposive sampling. The analysis method was conducted by multiple linear regression method and also classical assumption test. The analysis showed that islamic securities, profitability, firm size and firm age are influencing to Islamic Social Reporting (ISR) in Indonesia. Meanwhile, firm type had no effect to the Islamic Social Reporting (ISR) in Indonesia

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorBadina, TennyUNSPECIFIED
Thesis advisorMukhtar, MukhtarUNSPECIFIED
Additional Information: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) dalam laporan tahunan perusahaan. Faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini seperti : surat berharga syariah, profitabilitas, ukuran perusahaan, jenis perusahaan dan umur perusahaan. Pengukuran Indeks Islamic Social Reporting (ISR) berdasarkan kategori pengungkapan ISR yang digunakan untuk menghitung Indeks ISR seperti yang terlihat dari laporan tahunan perusahaan. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 perusahaan yang masuk dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2013-2016. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling dan purposive sampling. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Hasil analisis menunjukkan bahwa surat berharga syariah, profitabilitas, ukuran perusahaan dan umur perusahaan berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan ISR di Indonesia, sedangkan jenis perusahaan tidak berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan ISR di Indonesia.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis
05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 62201-Program Sarjana Akuntansi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 29 Sep 2021 04:56
Last Modified: 29 Sep 2021 11:44
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1641

Actions (login required)

View Item View Item