Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN TRAINING NEED ASSESMENT DI LKP CITRA KENANGA KOTA TANGERANG SELATAN

MUSDALILAH, RIKA (2022) PENERAPAN TRAINING NEED ASSESMENT DI LKP CITRA KENANGA KOTA TANGERANG SELATAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
2221180086.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Rika Musdalilah_2221180086_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Rika Musdalilah_2221180086_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Rika Musdalilah_2221180086_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Rika Musdalilah_2221180086_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Rika Musdalilah_2221180086_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Rika Musdalilah_2221180086_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Rika Musdalilah_2221180086_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB)

Abstract

ABSTRAK RIKA MUSDALILAH (2221180086) “Penerapan Training Need Assesment di LKP Citra Kenanga Kota Tangerang Selatan”. Pembimbing I Dr. H. Suherman, M.Pd, Pembimbing II Herlina Siregar, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan training need assessment di LKP Citra Kenanga Kota Tangerang Selatan. Training need assessment adalah analisis perencanaan yang dilakukan untuk menganalisis kesenjangan dalam sebuah organisasi untuk menentukan pelatihan yang tepat sebagai solusi dari gap atau jarak kinerja yang harus dilakukan dalam melakukan sebuah pekerjaan dengan kenyataan yang ada. Adapun penelitian ini berfungsi untuk menguraikan beberapa tolok ukur dalam Training Need Assesment (TNA): (1) Proses Penerapan Training need assessment di LKP Citra Kenanga Kota Tangerang Selatan. (2) Hasil penerapan Training need assessment di LKP Citra Kenanga Kota Tangerang Selatan. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi Training need assessment di LKP Citra Kenanga Kota Tangerang Selatan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif. Data yang diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan observasi dengan menggunakan pola pikir deduktif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan training need assessment (TNA) yang dilakukan oleh LKP Citra Kenanga sudah berjalan dengan baik hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti: (1) Proses Penerapan Training need assessment yang dilakukan oleh LKP sudah dilakukan dengan baik sesuai dan sudah memenuhi indikator yang ada yaitu; a)Analisis Organisasi, b)Analisis Operasi, c)Analisis Individu (2) Hasil Penerapan Training need assessment sudah memenuhi indikator yang ada yaitu: a)Informasi tentang keterampilan, pengetahuan, dan sikap. b)Informasi tentang konten dan konteks pekerjaan, c)Kinerja yang diinginkan dan aktual dalam detail yang berguna. d)Ketersediaan data untuk perencanaan. (3)Faktor-faktor yang mempengaruhi pelatihan yang terdiri dari: a)Instruktur, b)Peserta, c)Materi (bahan), d)Metode, e)Tujuan pelatihan, f)Lingkungan. Adapun hambatan yang terjadi dalam pelatihan yaitu rendahnya komitmen peserta pelatihan terkait dengan pelatihan yang telah diambil di LKP hal ini berdampak pada motivasi belajar peserta yang rendah. Kata Kunci : Training Need Assesment, Pelatihan, LKP.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSUHERMAN, SUHERMAN195902141985031003
Thesis advisorSIREGAR, HERLINA201508312062
Additional Information: ABSTRAK RIKA MUSDALILAH (2221180086) “Penerapan Training Need Assesment di LKP Citra Kenanga Kota Tangerang Selatan”. Pembimbing I Dr. H. Suherman, M.Pd, Pembimbing II Herlina Siregar, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan training need assessment di LKP Citra Kenanga Kota Tangerang Selatan. Training need assessment adalah analisis perencanaan yang dilakukan untuk menganalisis kesenjangan dalam sebuah organisasi untuk menentukan pelatihan yang tepat sebagai solusi dari gap atau jarak kinerja yang harus dilakukan dalam melakukan sebuah pekerjaan dengan kenyataan yang ada. Adapun penelitian ini berfungsi untuk menguraikan beberapa tolok ukur dalam Training Need Assesment (TNA): (1) Proses Penerapan Training need assessment di LKP Citra Kenanga Kota Tangerang Selatan. (2) Hasil penerapan Training need assessment di LKP Citra Kenanga Kota Tangerang Selatan. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi Training need assessment di LKP Citra Kenanga Kota Tangerang Selatan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif. Data yang diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan observasi dengan menggunakan pola pikir deduktif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan training need assessment (TNA) yang dilakukan oleh LKP Citra Kenanga sudah berjalan dengan baik hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti: (1) Proses Penerapan Training need assessment yang dilakukan oleh LKP sudah dilakukan dengan baik sesuai dan sudah memenuhi indikator yang ada yaitu; a)Analisis Organisasi, b)Analisis Operasi, c)Analisis Individu (2) Hasil Penerapan Training need assessment sudah memenuhi indikator yang ada yaitu: a)Informasi tentang keterampilan, pengetahuan, dan sikap. b)Informasi tentang konten dan konteks pekerjaan, c)Kinerja yang diinginkan dan aktual dalam detail yang berguna. d)Ketersediaan data untuk perencanaan. (3)Faktor-faktor yang mempengaruhi pelatihan yang terdiri dari: a)Instruktur, b)Peserta, c)Materi (bahan), d)Metode, e)Tujuan pelatihan, f)Lingkungan. Adapun hambatan yang terjadi dalam pelatihan yaitu rendahnya komitmen peserta pelatihan terkait dengan pelatihan yang telah diambil di LKP hal ini berdampak pada motivasi belajar peserta yang rendah. Kata Kunci : Training Need Assesment, Pelatihan, LKP.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Rika Musdalilah
Date Deposited: 15 Feb 2023 09:00
Last Modified: 15 Feb 2023 09:00
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/16150

Actions (login required)

View Item View Item