Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PELAYANAN PT. PLN (Persero) APJ BANTEN UTARA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA LISTRIK PRABAYAR (Wilayah Distribusi UPJ Serang Kota) (Studi Korelasi tentang Listrik Prabayar pada Perumahan Taman Mutiara Indah, Kota Serang)

Sari, Mulia Arista (2011) PENGARUH PELAYANAN PT. PLN (Persero) APJ BANTEN UTARA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA LISTRIK PRABAYAR (Wilayah Distribusi UPJ Serang Kota) (Studi Korelasi tentang Listrik Prabayar pada Perumahan Taman Mutiara Indah, Kota Serang). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi Prodi. Komunikasi)
SKRIPSI KOM MULIA ARISTA SARI.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview

Abstract

MULIA ARISTA SARI. 061594. Pengaruh Pelayanan PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Listrik Prabayar (Wilayah Distribusi UPJ Serang Kota). Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Banten. 2010. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelayanan PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara terhadap kepuasan pelanggan pengguna listrik prabayar pada wilayah Distribusi UPJ Serang Kota. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelayanan PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara, bagaimana kepuasan pelanggan pengguna listrik prabayar, dan bagaimankah pengaruh pelayanan PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara terhadap kepuasan pelanggan pengguna listrik prabayar. Dalam penelitian ini teori utama yang digunakan adalah teori S-O-R. Stimulus atau pesan yang disampaikan kepada komunikan mungkin diterima atau ditolak. Komunikasi akan berlangsung jika ada perhatian dari komunikan. Proses berikutnya adalah adanya pengertian dari komunikan dan kemampuan komunikan inilah yang melanjutkan proses berikutnya setelah komunikan mengolah dan menerimanya maka terjadilah respon dari komunikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Subjek penelitian ini adalah pelanggan listrik prabayar pada Perumahan Taman Mutiara Indah yang berjumlah 63 orang yang menggunakan Purposive Sampling. Proses pengumpulan datanya menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Untuk pengolahan data, peneliti menggunakan aplikasi statistik SPSS dengan submenu frequencies dan descriptive. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka ada temuannya antara lain terbukti bahwa Pelayanan Yang dilakukan Oleh PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan pengguna listrik prabayar, diaman hasil yang didapat adalah 0,97 (termasuk dalam kategori kuat) berdasarkan hasil perhitungan rumus koefisien korelasi Product Moment. Sedangkan berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diperoleh sebesar 94,09% pengaruh Pelayanan Yang dilakukan Oleh PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan pengguna listrik prabayar. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh pelayanan UPJ Serang Kota terhadap kepuasan pelanggan pengguna listik prabayar dapat diterima.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT: MULIA ARISTA SARI. 061594. Influence of service carried out by PT. PLN (Persero) APJ Region North Banten of Electricity Users Prepaid Customer Satisfaction (Serang City UPJ Distribution). Communication Science Program. Faculty of Social and Political Sciences. University of Sultan Ageng Tirtayasa. 2010. This research is to determine the influence of service carried out by PT. PLN (Persero) APJ Region North Banten Serang City UPJ Distribution of Electricity Users Prepaid Customer Satisfaction. Formulation of the problem in this research is how the service of PT. PLN (Persero) APJ North Banten, how costumer satisfaction with prepaid electricity users, and how influence of service carried out by PT. PLN (Persero) APJ Region North Banten Serang City UPJ Distribution of electricity users prepaid customer satisfaction. In this study, the main theory used is the SOR theory. Stimulus or messages conveyed to the communication may be accepted or rejected. Communication will take place if there is concern from the communicant. The next process is the understanding of and ability communicant is what the next process to continue after the communicant to process and accept it then there was the response of the communicant. The method used in this study is survey. The subject of this research is a prepaid electricity customers in Prerumahan Taman Mutiara Indah which numbered 63 pepole whous Purposive Sampling. The process of data collection using a questionnaire and documentation. For data processing, researchs using SPSS statistical applications with frequencies and descriptive submenu. Based on research conducted there among other findings proved that the services carried out by PT. PLN (Persero) APJ North Banten have a significant impact on customer satisfaction with prepaid electricity users, where there results obtained is 0,97 (include in strong category) based on a calculating formula Product Moment correlation coefficient. While based on the calculating of the calculation coeficient of determination obtained for 94,09%, the influence of service carried out by PT. PLN (Persero) APJ North Banten have a significant impact on customer satisfaction with prepaid electricity users. Thus the hypothesis that there are significant UPJ Serang City services to customer satisfaction prepaid electricity users can be accepted.
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 11 Feb 2013 04:10
Last Modified: 16 May 2013 07:18
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/160

Actions (login required)

View Item View Item