Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Strategi Pemasaran Selada Hidroponik Secara E-commerce dan Konvensional

Riyan Syarif, Hidayatulloh (2022) Strategi Pemasaran Selada Hidroponik Secara E-commerce dan Konvensional. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Riyan Syarif_7779200009_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text
Riyan Syarif_7779200009_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
Riyan Syarif_7779200009_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB)
[img] Text
Riyan Syarif_7779200009_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
Riyan Syarif_7779200009_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
Riyan Syarif_7779200009_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)
[img] Text
Riyan Syarif_7779200009_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text
Riyan Syarif_7779200009_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
Riyan Syarif_7779200009_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Riyan Syarif Hidayatulloh, 2022, “Strategi Pemasaran Selada Hidroponik Secara E- commerce dan Konvensional (Suatu kasus pada kebun Riyan Farm)”. Tesis. Program Pendidikan Magister Program Studi Ilmu Pertanian Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dr. H. Suherna, SP., M.Si dan Dr. Hj. Asih Mulyaningsih, SP., M.Si. Pandemi Covid-19 ini dirasakan disemua sektor, tidak terkecuali sektor pertanian dan UMKM pangan. Sektor pertanianmenjadi salah satu prioritas dalam menghadapi penyebaran Covid-19 di Indonesia. Dampak pandemi COVID-19 yang paling dirasakan petani ialah harga produk pertanian yangmengalami penurunan drastis disebabkan daya beli masyarakat yang turun. Hal ini tidak sebandingdengan usaha dan biaya operasional yang dikeluarkan petani saat melakukan budidaya (Azamfirei, 2020). Penelitian ini dilakukan pada Kebun Riyan Farm di Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan komoditas selada hidroponik serta menyusun strategi pemasaran secara e-commerce dan konvensional yang tepat untuk diimplementasikan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode survei, dengan responden sebanyak 12 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang selanjutnya dianalisa menggunakan analisis SWOT. Hasil perhitungan analis pendapatan dari selada hidroponik untuk harga pokok produksinya sebesar Rp 13.000/Kg. Keuntungan yang didapat dalam hitungan per kilogram pada penjualan selada E-commerce Rp.7.000/Kg, Sedangkan untuk selada konvensional Rp.2.603/Kg. Strategi yang tepat untuk diimplementasikan berdasarkan hasil analisis SWOT adalah Mempertahankan pasar potensial yang sudah ada serta memperluas jangkauan pemasaran. Mengoptimalkan pola tanam sesuai SOP untuk menghindari kegagalan produksi. Mempertahankan kualitas produk, mengatur ketersediaan produk dan meningkatkan jumlah produk. Melakukan inovasi terhadap produk serta menambah mitra bisnis untuk memperluas pemasaran. Kata kunci : Strategi Pemasaran, Selada Hidroponik, E-commerce, Konvensional dan Pendapatan

Item Type: Thesis (Master)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Riyan Syarif Hidayatulloh
Date Deposited: 14 Feb 2023 15:17
Last Modified: 14 Feb 2023 15:17
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/15966

Actions (login required)

View Item View Item