Ramdhani, Aditya Hammam and Hamid, Abdul and Dewi, Shanty Kartika (2021) Pemasaran Sosial Anti Korupsi Melalui Program Khusus Akademik Anti Korupsi Oleh Indonesia Corruption Watch (ICW). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.
Text
NASKAH SKRIPSI ADITYA HAMMAM RAMDHANI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Aditya Hammam Ramdhani. NIM: 6670160038. 2021. SKRIPSI. Pemasaran Sosial Anti Korupsi Melalui Program Khusus Akademi Anti Korupsi oleh Indonesia Corruption Watch (ICW). Program Studi Ilmu Pemerintahan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dosen Pembimbing I: Abah Hamid, Ph.D.,Dosen Pembimbing II : Shanty Kartika Dewi, S.IP , M.Si. Penelitian ini menjelaskan terkait proses pemasaran sosial pendidikan anti korupsi melalui program khusus Akademi Anti Korupsi oleh Indonesia Corruption Watch (ICW). Persoalan korupsi yang terjadi secara massif menimbulkan permasalahan sosial di masyarakat, sehingga diperlukan tindakan pencegahan (preventif) dalam pemberantasan korupsi salah satunya melalui pendidikan anti korupsi. Penelitian ini membahas tentang pemasaran sosial Akademi Anti Korupsi dengan menggunakan teori dari Philip Kotler dan Roberto (1989) mengenai produk pemasaran sosial, khalayak sasaran, elemen inti pemasaran sosial, proses pemasaran sosial dan evaluasi program pemasaran sosial. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pemasaran sosial anti korupsi melalui Akademi Anti Korupsi Program Khusus oleh ICW telah melalui serangkaian tahapan proses pemasaran sosial menurut teori Philip Kotler. Hal ini dapat diketahui melalui kelima komponen utama dalam pemasaran sosial. Kata Kunci : Pemasaran Sosial, Akademi Anti Korupsi, Pendidikan Anti Korupsi ABSTRACT Aditya Hammam Ramdhani. NIM : 6670160038. Research Papper. .Departmen of Government Science. Faculty of Social and Political Science. Sultan Ageng Tirtayasa University. Advisor I : Abah Hamid, Ph.D., Advisor II : Shanty Kartika Dewi, S.IP, M.Si. This study describes the social marketing process of anti-corruption education through the special program of the Anti-Corruption Academy by Indonesia Corruption Watch (ICW). The problem of corruption that occurs massively creates social problems in society, so that preventive action is needed in eradicating corruption, one of which is through anti-corruption education. This study discusses the social marketing of the Anti-Corruption Academy using the theory of Philip Kotler and Roberto (1989) in (Hendra, 2017) regarding social marketing products, target audiences, the core elements of social marketing, social marketing processes and evaluation of social marketing programs. The research method used is descriptive qualitative research methods. The results of this study indicate that the anti-corruption social marketing process through the Anti-Corruption Academy Special Program by ICW has gone through a series of stages of the social marketing process according to Philip Kotler's theory. This can be seen through the five main components of social marketing. Keywords: Social Marketing, Anti-Corruption Academy, Anti-Corruption Education
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Communication > Science Journalism |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 65201-Program Studi Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Perpustakaan FISIP |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 16:20 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 16:20 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1590 |
Actions (login required)
View Item |