Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Penerimaan Diri Karakter Gay (Analisis Naratif Tzvetan Todorov dalam Serial Sex Education)

salshabilla, Dean arieldha and Praceka, Puspita Asri and Handaningtyas, Uliviana Restu (2022) Penerimaan Diri Karakter Gay (Analisis Naratif Tzvetan Todorov dalam Serial Sex Education). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
BAB I-V Dean Arieldha Salshabilla.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dean Arieldha Salshabilla, NIM 6662170139. Skripsi. Penerimaan Diri Karakter Gay (Analisis Naratif Tzvetan Todorov dalam Serial Sex Education).Pembimbing I: Puspita Asri Praceka, S.Sos, M.I.Kom., dan Pembimbing II: Uliviana Restu H, S.Sos., M.I.Kom. LGBT menjadi sebuah hal yang tabu dibicarakan namun pada kenyataannya merupakan fenomena nyata di kehidupan sekitar kita. Serial televisi mengangkat realitas sosial mengenai hal ini dan membentuknya menjadi suatu realitas baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penerimaan diri pada tokoh gaydigambarkan dengan berbagai jenis tekanan dari lingkungan pada serial drama “Sex Education”.Menarik untuk menulis dan memaparkan bagaimana sebuah tontonan dapat menampilkan pesan dalam bentuk penggambaran mengenai bagaimana tekanan masyarakat mempengaruhi hidup seseorang dengan orientasi seksual gay dan juga upaya sang tokoh gay untuk menerima dirinya sendiri sebagai penyelesaian masalah hidupnya menggunakan teori Analisis Narasi Tzvetan Todorov. Hasil dari penelitian ini ialah terdapat sebuah narasi yang divisualisasikan mengenai tekanan masyarakat terhadap tokoh gay seperti kekerasan baik secara verbal maupun fisik dan bagaimana alur cerita serial Sex Education ini membawa sang tokoh gay untuk melakukan penerimaan diri. Kata Kunci: Analisis Narasi, Tzvetan Todorov, LGBT, Gay, Penerimaan Diri, Serial Televisi. ABSTRAK Dean Arieldha Salshabilla, NIM 6662170139. Thesis. Gay Character Self-Acceptance (Tzvetan Todorov's Narrative Analysis in Sex Education Series).Advisor I: Puspita Asri Praceka, S.Sos, M.I.Kom., dan Advisor II: Uliviana Restu H, S.Sos., M.I.Kom. LGBT has become a taboo subject to talk about but in fact it is a real phenomenon in the life around us. Television series lift the social reality of this and shape it into a new reality. This study aims to determine how the process of self-acceptance in gay characters is described by various types of pressure from the environment in the drama series "Sex Education". It is interesting to write and explain how a spectacle can display a message in the form of a picture of how social pressure affects the life of a person with a gay sexual orientation and also the efforts of gay characters to accept themselves as solutions to problems of his life using Tzvetan Todorov's theory of Narrative Analysis. The results of this study are narrative visualizations about public pressure on gay figures such as verbal and physical violence and how the storyline of this Sex Education series brings gay characters to self-acceptance. Keywords: Narrative Analysis, Tzvetan Todorov, LGBT, Gay, Self Acceptance, Television Series.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 08 Aug 2024 11:26
Last Modified: 08 Aug 2024 11:26
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/15838

Actions (login required)

View Item View Item