Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN POST OPERASI ILEUS OBSTRUKTIF DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN NUTRISI DIRUANG BEDAH RSUD BANTEN

Nurfadilah, Musdalifah (2022) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN POST OPERASI ILEUS OBSTRUKTIF DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN NUTRISI DIRUANG BEDAH RSUD BANTEN. D3 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text (Karya Tulis Ilmiah)
BAB I (1).pdf

Download (180kB)
[img] Text (Karya Tulis Ilmiah)
BAB II.pdf

Download (498kB)
[img] Text (Karya Tulis Ilmiah)
COVER- DAFTAR ISI.pdf

Download (392kB)
[img] Text (Karya Tulis Ilmiah)
BAB 5 (2).pdf

Download (91kB)
[img] Text (Karya Tulis Ilmiah)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (228kB)
[img] Text (Karya Tulis Ilmiah)
BAB 3 (1).pdf

Download (247kB)
[img] Text (Karya Tulis Ilmiah)
LAMPIRAN (1).pdf

Download (442kB)

Abstract

Ileus obstruktif dapat diartikan sebagai suatu keadaan dimana isi usus tidak bisa melewati lumen usus karena adanya sumbatan atau hambatan mekanik. Sumbatan atau hambatan ini dapat terjadi dikarenakan adanya kelainan di dalam lumen usus, dinding usus, atau benda asing di luar usus yang menekan, dan juga adanya kelainan vaskularisasi pada segmen usus sehingga dapat menyebabkan nekrosis (Sari et al.,2015). Ileus obstruktif menjadi salah satu kegawatan dalam bedah abdominalis yang sering dijumpai akibat keadaan umum yang memburuk dalam waktu singkat. Agar tidak terjadi komplikasi yang lebih parah sesegera mungkin penderita ileus diberi penanganan secara umum dilakukan dengan operasi pembedahan. Salah satu penyebab cepat atau lambatnya proses penyembuhan pada pasien bedah adalah intake nutrisi. Nutrisi merupakan makanan yang mengandung cukup nilai gizi dan tenaga untuk perkembangan, dan pemeliharaan kesehatan secara optimal. (Indah, 2013). Salah satu tindakan yang dapat dilakukan perawat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi klien adalah dengan Intervensi Manajemen Nutrisi. Manajemen Nutrisi adalah menyediakan dan meningkatkan intake nutrisi yang seimbang. (Bulecheck et al,. 2016). Metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif dalam bentuk desain studi kasus dengan 2 (dua) orang pasien sebagai responden yang dilaksanakan di RSUD Provinsi Banten.

Item Type: Thesis (D3)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRustiawati, Epi19781102005022001
Thesis advisorSuyatno, Endi202002032152
Additional Information: Ileus obstruktif dapat diartikan sebagai suatu keadaan dimana isi usus tidak bisa melewati lumen usus karena adanya sumbatan atau hambatan mekanik. Sumbatan atau hambatan ini dapat terjadi dikarenakan adanya kelainan di dalam lumen usus, dinding usus, atau benda asing di luar usus yang menekan, dan juga adanya kelainan vaskularisasi pada segmen usus sehingga dapat menyebabkan nekrosis (Sari et al.,2015). Ileus obstruktif menjadi salah satu kegawatan dalam bedah abdominalis yang sering dijumpai akibat keadaan umum yang memburuk dalam waktu singkat. Agar tidak terjadi komplikasi yang lebih parah sesegera mungkin penderita ileus diberi penanganan secara umum dilakukan dengan operasi pembedahan. Salah satu penyebab cepat atau lambatnya proses penyembuhan pada pasien bedah adalah intake nutrisi. Nutrisi merupakan makanan yang mengandung cukup nilai gizi dan tenaga untuk perkembangan, dan pemeliharaan kesehatan secara optimal. (Indah, 2013). Salah satu tindakan yang dapat dilakukan perawat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi klien adalah dengan Intervensi Manajemen Nutrisi. Manajemen Nutrisi adalah menyediakan dan meningkatkan intake nutrisi yang seimbang. (Bulecheck et al,. 2016). Metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif dalam bentuk desain studi kasus dengan 2 (dua) orang pasien sebagai responden yang dilaksanakan di RSUD Provinsi Banten.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RD Surgery
R Medicine > RT Nursing
Divisions: 07-Fakultas Kedokteran
07-Fakultas Kedokteran > 14401-Prodi Keperawatan D3
Depositing User: Mrs Muzdalifah Nurfadilah
Date Deposited: 27 Sep 2022 11:34
Last Modified: 27 Sep 2022 11:34
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/15772

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item