Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ASUHAN KEPERAWATAN GAWAT DARURAT PADA PASIEN FRAKTUR EKSTERMITAS BAWAH DALAM MENGATASI NYERI AKUT DENGAN TINDAKAN PEMBIDAIAN DI RUMAH SAKIT UMUM BANTEN

Maulana, M Irfan (2022) ASUHAN KEPERAWATAN GAWAT DARURAT PADA PASIEN FRAKTUR EKSTERMITAS BAWAH DALAM MENGATASI NYERI AKUT DENGAN TINDAKAN PEMBIDAIAN DI RUMAH SAKIT UMUM BANTEN. D3 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Karya Tulis Ilmiah)
COVER.pdf

Download (119kB)
[img] Text (Karya Tulis Ilmiah)
BAB I.pdf

Download (90kB)
[img] Text (Karya Tulis Ilmiah)
BAB 2.pdf

Download (362kB)
[img] Text (Karya Tulis Ilmiah)
BAB 3.pdf

Download (22kB)
[img] Text (Karya Tulis Ilmiah)
BAB 4.pdf

Download (215kB)
[img] Text (Karya Tulis Ilmiah)
BAB 4.pdf

Download (215kB)
[img] Text (Karya Tulis Ilmiah)
BAB 5.pdf

Download (7kB)
[img] Text (Karya Tulis Ilmiah)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] Text (Karya Tulis Ilmiah)
LAMPIRAN.pdf

Download (295kB)

Abstract

Fraktur adalah istilah yang mengacu pada diskontinuitas tulang baik total maupun sebagian yang ditentukan oleh jenis dan luasnya. World Health Organization (WHO) tahun 2019 menyatakan bahwa insiden fraktur semakin meningkat, tercatat terjadi fraktur kurang lebih 15 juta orang dengan angka prevalensi 3,2%. Berdasarkan data dari RISKESDAS Provinsi Banten pada tahun 2018, kasus fraktur Femur merupakan kasus yang sering terjadi, dimana kasus tersebut disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas seperti kecelakaan mobil atau motor (65,6%) dan jatuh (37,3%) diantara kasus tersebut paling banyak dialami oleh laki-laki (73,8%). Pasien fraktur akan mengalami beberapa masalah keperawatan, salah sataunya nyeri akut. Nyeri akut harus segera ditangani, oleh karena itu perawat memiliki peran penting dalam penanganan nyeri akut. Tindakan yang dapat dilakukan salah satunya adalah Pembidaian. Tindakan ini dilakukan pada saat pasien dating ke IGD. Tindakan ini dapat menenangkan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan Pembidaian dalam mengatasi nyeri akut. Penulisan penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dalam bentuk studi kasus dengan pendekatan asuhan keperawatan yang meliputi pengkajian, diagnosa, intervensi, implementasi dan evaluasi. Dalam studi kasus ini yaitu perbandingan 2 orang pasien dengan fraktur femur ekstermitas bawah.

Item Type: Thesis (D3)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorhermala dewi, Nelly197906142005012009
Thesis advisorNurlaela, Ela20200203151
Additional Information: Fraktur adalah istilah yang mengacu pada diskontinuitas tulang baik total maupun sebagian yang ditentukan oleh jenis dan luasnya. World Health Organization (WHO) tahun 2019 menyatakan bahwa insiden fraktur semakin meningkat, tercatat terjadi fraktur kurang lebih 15 juta orang dengan angka prevalensi 3,2%. Berdasarkan data dari RISKESDAS Provinsi Banten pada tahun 2018, kasus fraktur Femur merupakan kasus yang sering terjadi, dimana kasus tersebut disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas seperti kecelakaan mobil atau motor (65,6%) dan jatuh (37,3%) diantara kasus tersebut paling banyak dialami oleh laki-laki (73,8%). Pasien fraktur akan mengalami beberapa masalah keperawatan, salah sataunya nyeri akut. Nyeri akut harus segera ditangani, oleh karena itu perawat memiliki peran penting dalam penanganan nyeri akut. Tindakan yang dapat dilakukan salah satunya adalah Pembidaian. Tindakan ini dilakukan pada saat pasien dating ke IGD. Tindakan ini dapat menenangkan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan Pembidaian dalam mengatasi nyeri akut. Penulisan penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dalam bentuk studi kasus dengan pendekatan asuhan keperawatan yang meliputi pengkajian, diagnosa, intervensi, implementasi dan evaluasi. Dalam studi kasus ini yaitu perbandingan 2 orang pasien dengan fraktur femur ekstermitas bawah.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
R Medicine > RT Nursing
Divisions: 07-Fakultas Kedokteran
07-Fakultas Kedokteran > 14401-Prodi Keperawatan D3
Depositing User: ASUHAN KEP Muhammad Irfan Maulana Ipan
Date Deposited: 27 Sep 2022 11:37
Last Modified: 27 Sep 2022 11:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/15748

Actions (login required)

View Item View Item