Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Persepsi Konsumen Terhadap Komunikasi Pemasaran Terpadu (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Aplikasi Bimbingan Belajar Online Ruang Guru)

Kendamayanti, Annisya and Widyastuti, Nurprapti Wahyu and Witantra, Ari Pandu (2021) Persepsi Konsumen Terhadap Komunikasi Pemasaran Terpadu (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Aplikasi Bimbingan Belajar Online Ruang Guru). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text (SKRIPSI)
PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Annisya Kendamayanti, NIM 6662160087. Skripsi. PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU (Studi Deskriptif Kualitatif pada Aplikasi Bimbingan Belajar Online Ruangguru). Pembimbing I : Dr. Nurprapti Wahyu Widyastuti, S.Sos, M.Si dan Pembimbing II : Ari Pandu Witantra, S.Sos M.I.Kom Penelitian ini berangkat dari kegiatan komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh Aplikasi Ruangguru dengan memanfaatkan tools-tools komunikasi pemasaran sehingga dapat menimbulkan persepsi di benak masyarakat khususnya pelajar sebagai calon konsumen maupun konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi terhadap tools komunikasi pemasaran Ruangguru dan mengetahui tools komunikasi pemasaran terpadu apa yang menjadi alasan siswa untuk berlangganan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik analisa data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang di dapat adalah (1) Komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh Ruangguru mampu menimbulkan persepsi terhadap aplikasi bimbingan belajar yang dipasarkan. Persepsi ini dihasilkan oleh pesan-pesan pemasaran yang dilakukan Ruangguru sebagai stimulus atau rangsangan yang memanfaatkan tools-tools komunikasi pemasaran terpadu baik yang dilakukan pada kegiatan periklanan, kegiatan promosi, hubungan masyarakat dan publisitas, penjualan personal, pemasaran langsung, bahkan memanfaatkan brand ambassador sehingga dapat memberikan tanggapan atau respon yang merupakan hasil dari proses persepsi yang terjadi. (2) Komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh Ruangguru mampu menjadi alasan bagi para siswa sebagai calon konsumen maupun konsumen untuk berlangganan aplikasi bimbingan belajar Ruangguru. Kegiatan hubungan masyarakat dan publisitas (public relation and publicity) Ruangguru menjadi alasan terbanyak para informan selaku siswa dalam berlangganan Aplikasi Ruangguru. Sedangkan kegiatan periklanan, kegiatan promosi, dan kegiatan penjualan personal selain menjadi alasan para siswa dalam berlangganan, juga menjadi alasan pertimbangan para siswa dalam berlangganan Aplikasi Ruangguru. Kata kunci : Persepsi, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Aplikasi Bimbingan Belajar Online, Ruangguru.   ABSTRACT Annisya Kendamayanti, NIM 6662160087. Thesis. CONSUMER PERCEPTIONS OF INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (Qualitative Description Study on The Ruangguru Online Tutoring Application). Mentor I : Dr. Nurprapti Wahyu Widyastuti, S.Sos, M.Si and Men tor II : Ari Pandu Witantra, S.Sos M.I.Kom This research departs from the integrated marketing communication activities conducted by the Ruangguru application by utilizing marketing communication tools so that it can generate perceptions in the minds of the public, especially for students as potential consumers. The purpose of this study is to determine how's the perception of Ruangguru's marketing communication tools and to find out what integrated marketing communication tools are the reasons for students to subscribe. This research used descriptive qualitative method. The data analysis techniques are carried out through the process of data reduction, data presentation, and conclusions. The research results obtained are (1) Integrated marketing communication carried out by Ruangguru is able to generate perceptions of marketed tutoring applications. This perception is generated by the marketing messages made by Ruangguru as a stimulus or stimulation that utilizes integrated marketing communication tools, both those carried out in advertising activities, promotional activities, public relations and publicity, personal selling, direct marketing, and even utilizing brand ambassadors. provide a response or response which is the result of the perceptual process that occurs. (2) Integrated marketing communications carried out by Ruangguru can be a reason for students as potential consumers and consumers to subscribe to the Ruangguru tutoring application. Public relations and publicity activities (public relations and publicity) of Ruangguru are the reasons most informants as students subscribe to the Ruangguru application. While advertising activities, promotional activities, and personal sales activities are not only reasons for students to subscribe,also could be thereasons for students to consider subscribing to the Ruangguru Application. Keyword: Perception, Integrated Marketing Communication, Online Tutoring Application, Ruangguru.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorWidyastuti, Nurprapti Wahyu197002092009122001
Thesis advisorWitantra, Ari Pandu1982042220041002
Uncontrolled Keywords: Perception, Integrated Marketing Communication, Online Tutoring Application, Ruangguru.
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 19 Jan 2022 14:40
Last Modified: 19 Jan 2022 14:40
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1570

Actions (login required)

View Item View Item