Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Hubungan Antara Motivasi Dan Penggunaan Akun Instragram @Infoserang Dengan Kepuasan Followers.

Dhuharifqi, Muhammad Afiq and Jaiz, Muhammad and Witantra, Ari Pandu (2021) Hubungan Antara Motivasi Dan Penggunaan Akun Instragram @Infoserang Dengan Kepuasan Followers. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
6662160085_Muhammad Afiq Dhuharifqi_Skripsi_Revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Afiq Dhuharifqi. NIM 6662160085. Skripsi.Hubungan Antara Motivasi dan Penggunaan Akun Instagram @infoserang dengan Kepuasan Followers.Pembimbing I:Muhammad Jaiz, S.Sos., M.Si dan Pembimbing II : Ari Pandu Witantra, S.Sos, M.I.Kom Kemajuan teknologi internet saat ini telah merubah cara masyarakat dalam melakukan pencarian informasi, kemunculan media sosial instagram saat ini sudah menjadi pilihan bagi siapa saja yang ingin mencari informasi. Seperti yang dirasakan oleh masyarakat Kota/Kab Serang akan kemunculan akun instagram @infoserang yang telah dimanfaatkan sebagai sarana berbagi informasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana hubungan yang terjadi antara motivasi dan penggunaan akun instagram @infoserang dengan kepuasan followers.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang terjadi antara motivasi individu dalam mengikuti dan melakukan penggunaan akun instagram @infoserang dengan kepuasan yang didapat oleh individu itu sendiri.Teori uses and gratifications digunakan karena teori ini beranggapan bahwa individu dalam menggunakan media berorientasi pada tujuannya masing-masing, maka efek dari suatu media itu tergantung dari tujuan individu dalam menggunakan media tersebut.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah followers dari akun @infoserang yang diketahui berjumlah 292.000. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dari keseluruhan jumlah followers di akun @infoserang menggunakan teknik insidental sampling.Karena penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, maka teknik yang dilakukan menggunakan kuisioner dan dokumentasi.Hasil penelitian ini melalui instrument penelitian kuisioner.Presentase variabel motivasi (X1) sebesar83,18% dikategorikan sangat baik. Presentase variabel motivasi (X2) sebesar 77,71% dikategorikan baik. Presentase variabel kepuasan (Y) sebesar 79,25% dikategorikan baik.Nilai korelasi antar variabelmotivasi (X1) dan penggunaan (X2) dengan kepuasan (Y) sebesar 0,521. Koefisien penentu (determinasi) pada hubungan tersebut sebesar 27,1% dan sisanya ditentukan oleh faktor lain. Secara garis besar penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan positif yang cukup berarti antara motivasi dan penggunaan akun instagram @infoserang dengan kepuasan followers. Kata kunci: Motivasi, Akun instagram @infoserang, Kepuasan ABSTRACT Muhammad Afiq Dhuharifqi. NIM 6662160085. Thesis. The Relationship Between Motivation and Use of the @infoserang Instagram Account with Followers Satisfaction. Advisor I : Muhammad Jaiz, S.Sos., M.Si and Advisor II : Ari Pandu Witantra, S.Sos, MIKom Advances in internet technology have changed the way people search for information, the emergence of social media Instagram has now become an option for anyone looking for information. As felt by the people of Serang City / Regency, the emergence of the @infoserang Instagram account has been used as a means of sharing information. The formulation of the problem of this research is how, the relationship between motivation and the use of the @infoserang Instagram account with followerssatisfaction. The purpose of this study was to determine the relationship between individual motivation in following and using the @infoserang Instagram account with the satisfactions obtained by the individual himself. The uses and gratifications theory because this theory assumes that individuals in using media are oriented to their respective goals, then the effect of a media depends on the individual's goals in using the media. This study uses a quantitative methodology. The population in this study is the followers of the @explorebanten account which is known to be 292,000. The sample in this study was 100 respondents from the total number of followers on the @infoserang account using incidental sampling technique. Because this research is a quantitative study, the techniques used are questionnaires and documentation. The results of this study through a questionnaire research instrument. Percentage motivation variable (X1) amounted to 83.18% categorized as very good. Percentage motivation variable (X2) amounted to 77.71% considered good. The percentage of satisfaction variable (Y) of 79.25% is categorized as good. The value of the correlation between motivation variable (X1) and use (X2) the satisfaction (Y) of 0.521. The coefficient of determination in this relationship is 27.1% and the rest is determined by other factors. Broadly speaking, this study states that there is a significant positive relationship between motivation and use of the @infoserang Instagram account and followers satisfaction. Keywords: Motivation, Instagram account @infoserang, Gratifications

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 24 Nov 2021 10:43
Last Modified: 24 Nov 2021 10:43
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1568

Actions (login required)

View Item View Item