Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Analisis Problematika Pembelajaran Jarak Jauh yang dihadapi oleh Guru Mata Pelajaran Sejarah SMA Negeri 11 Kota Tangerang Selatan

Gerung, Nisa Sabrina Geldien (2022) Analisis Problematika Pembelajaran Jarak Jauh yang dihadapi oleh Guru Mata Pelajaran Sejarah SMA Negeri 11 Kota Tangerang Selatan. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (SKRIPSI)
Nisa Sabrina G G FullSkripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) problematika pembelajaran jarak jauh yang dialami oleh guru mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 11 Kota Tangerang Selatan dalam bentuk teks deskriptif, dan menjelaskan (2) strategi penyelesaian problem-problem pembelajaran jarak jauh yang dialami oleh guru mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 11 Kota Tangerang Selatan. Metode yang ditempuh dalam penelitian ini adalah metode dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif berbentuk studi kasus. Sampel dari penelitian ini adalah guru-guru sejarah, siswa, dan wakasek SMA Negeri 11 Kota Tangerang Selatan, dengan teknik sampling jenuh sesuai dengan judul dan tujuan penelitian yang ada. Sedangkan metode pengumpulan sampel yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data yang dilaksanakan memakai teknik analisis data model Miles dan Huberman yang biasa dikenal dengan model interaktif yang terdiri dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan permasalahan pembelajaran jarak jauh yaitu berupa masalah-masalah teknis, pengelolaan kelas, metode pembelajaran yang dipakai, penguasaan media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan psikologi guru. Solusi dari guru dan pihak sekolah dalam menyelesaikan permasalahan ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang beragam, menyeragamkan LMS (Learning Management System) yang dipakai, mengusahakan spot Wi-Fi serta pulsa gratis untuk guru. Serta masih banyak lagi solusi yang diusahakan dan akan dibahas lebih lanjut dalam karya ilmiah.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorWibowo, Tubagus Umar Syarif Hadi199007182018031001
Thesis advisorMaryuni, Yuni198106192010122003
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) problematika pembelajaran jarak jauh yang dialami oleh guru mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 11 Kota Tangerang Selatan dalam bentuk teks deskriptif, dan menjelaskan (2) strategi penyelesaian problem-problem pembelajaran jarak jauh yang dialami oleh guru mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 11 Kota Tangerang Selatan. Metode yang ditempuh dalam penelitian ini adalah metode dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif berbentuk studi kasus. Sampel dari penelitian ini adalah guru-guru sejarah, siswa, dan wakasek SMA Negeri 11 Kota Tangerang Selatan, dengan teknik sampling jenuh sesuai dengan judul dan tujuan penelitian yang ada. Sedangkan metode pengumpulan sampel yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data yang dilaksanakan memakai teknik analisis data model Miles dan Huberman yang biasa dikenal dengan model interaktif yang terdiri dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan permasalahan pembelajaran jarak jauh yaitu berupa masalah-masalah teknis, pengelolaan kelas, metode pembelajaran yang dipakai, penguasaan media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan psikologi guru. Solusi dari guru dan pihak sekolah dalam menyelesaikan permasalahan ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang beragam, menyeragamkan LMS (Learning Management System) yang dipakai, mengusahakan spot Wi-Fi serta pulsa gratis untuk guru. Serta masih banyak lagi solusi yang diusahakan dan akan dibahas lebih lanjut dalam karya ilmiah.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Problematika Pembelajaran Jarak Jauh, Guru Sejarah. Keywords: Distance Learning Problems, History Teacher,
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87201-Jurusan Pendidikan Sejarah
Depositing User: Nisa Sabrina Geldien Gerung
Date Deposited: 11 Apr 2023 09:16
Last Modified: 11 Apr 2023 09:16
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/15666

Actions (login required)

View Item View Item