Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Apresiasi Masyarakat Terhadap Informasi Layanan Antrian Paspor Online Di Kantor Imigrasi Kelas 1 Serang.

Setia, Naluri Dwi and Sihabudin, Ahmad and Kania, Rd. Nia (2021) Apresiasi Masyarakat Terhadap Informasi Layanan Antrian Paspor Online Di Kantor Imigrasi Kelas 1 Serang. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
Naluri Dwi_6662160071.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)

Abstract

ABSTRAK Naluri Dwi Setia. NIM 6662160071. Skripsi. Apresiasi Masyarakat Terhadap Informasi Layanan Antrian Paspor Onlinedi Kantor Imigrasi Kelas I Serang. Skripsi Konsentrasi Humas. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pada akhir tahun 2019 untuk menyelaraskan implementasi E-Government, Direktorat Jendral Imigrasi membuat peraturan dimana semua pemohon paspor diharuskan membuat antrian permohonan pembuatan paspor secara daringmelalui website (https://antrian.imigrasi.go.id) atau pun melalui aplikasi Antrian Paspor Online.Dengan adanya peraturan tersebut maka Kantor Imigrasi Kelas 1 Serang melakukan beberapa kegiatan penyebaran infromasi melalui berbagaimacam media agar informasi tersebut dapat tersebar dengan baik di masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apresiasi masyarakat mengenai informasi layanan antrian paspor online di Kantor Imigrasi Kelas I Serang dinilai dari dimensi pemahaman, sikap, tanggapan dan juga manfaat.Peneliti menggunakan teori penilaian sosial yang dikemukakan oleh Hovlan & Sherif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif denganmetode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan juga wawancara kepada petugas untuk mendapatkan informasi sebagai pelengkap, dan juga studi pustaka melalui internet, buku, jurnal, dan dokumentasi. Dari hasil analisis data didapatkan bahwa tingkat penilaian masyarakat yang dinilai dari dimensi pemahaman, sikap, tanggapan dan manfaat dinilai sangat baik. Kata Kunci: Apresiasi, Layanan Antrian Paspor Online, Imigrasi, Layanan Publik ABSTRACT Naluri Dwi Setia. NIM 6662160071. Thesis. Public’s Appreciation of Information on Online Passport Queuing Services at the Class I of Serang Imigration. Public RelationsThesis. Communication Studies Program. Faculty of Social and Political Sciences. Sultan Ageng Tirtayasa University. In the end of 2019 to harmonize the implementation of E-Government, the Directorate General of Immigration made a regulation where all passport applicants are required to queue for passport applications online via the website (https://antrian.imigration.go.id) or through the Layanan Paspor Online application. By this regulations, the Class 1 of Serang Imigration conducts several information dissemination activities through various media so that the information could be spread well in the wider community.This study aims to determinepublic’s appreciation of online passport queuing service information at The Class I of Serang Immigration Office from the dimension of understanding, attitude, response and also benefits.Researchers used Social Judgement Theoryby Hovlan &Sheriff.This study uses a descriptive quantitative approach with data collection methods using questionnaires and also interviews to officers to obtain the information andthrough library, internet, books, journals, and documentation. The result was considered very good. Keywords: Appreciation, Online Passport Queuing Service, Immigration, Public Services

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 24 Nov 2021 10:46
Last Modified: 24 Nov 2021 10:46
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1562

Actions (login required)

View Item View Item