Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERIMAAN AUDIENS TERHADAP SIMBOL-SIMBOL KEAGAMAAN PADA PERAN PROTAGONIS DAN ANTAGONIS DALAM FILM MUNAFIK 2

Novitasari, Noni and Panji, Yearry and Nurjuman, Husnan (2021) PENERIMAAN AUDIENS TERHADAP SIMBOL-SIMBOL KEAGAMAAN PADA PERAN PROTAGONIS DAN ANTAGONIS DALAM FILM MUNAFIK 2. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
Noni Novitasari - Ilmu Komunikasi 2016 - SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725B)

Abstract

ABSTRAK Noni Novitasari. NIM. 6662160086. Skripsi. Penerimaan Audiens Terhadap Simbol-Simbol Keagamaan Pada Peran Protagonis Dan Antagonis Dalam Film Munafik 2. Pembimbing I: Yearry Panji Setianto, S.Sos., M.Si., Ph.D. dan Pembimbing II: Husnan Nurjuman, S.Ag.,M.Si “Munafik 2” adalah sebuah film yang ber-genre horor-religi asal Malaysia. Film religi pasti menampilkan simbol keagamaan, dalam film ini simbol keagamaan diwujudkan melalui penampilan, perkataan dan perbuatan para pemainnya mau itu protagonis ataupun antagonis, oleh karenanya simbol keagamaan tidak lagi identik dengan sosok baik protagonis. Sementara simbol keagamaan hakikatnya bersifat suci dan bernilai positif, maka dari itu penggunaan simbol keagamaan dalam film ini bisa dimaknai negatif karena hal tersebut bertentangan dengan hakikat simbol keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana audiens memakanai simbol keagamaan dalam film tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif metode analisis resepsi, penerimaan audiens kemudian dikategorisasikan kedalam 3 posisi penonton menurut Stuart Hall. Informan terdiri dari 6 orang, teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, observasi, dan depth interview. Hasil Penelitian untuk kategori dominan protagonis ada 5 informan, untuk peran antagonis berjumlah 4 informan. Kategori negosiasi untuk peran protagonis hanya ada 1 informan, untuk peran antagonis juga hanya ada 1 informan. Terakhir kategori oposisi, untuk peran protagonis tidak ada informan yang masuk kedalam kategori ini, sedangkan untuk peran antagonis, hanya ada 1 informan. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan adanya perbedaan penerimaan anatara lain gender, kepribadian, pengalaman organisasi dan pengalaman pribadi individu. Kata Kunci : Simbol-simbol keagamaan dalam film, Munafik 2, analisis resepsi x ABSTRACT Noni Novitasari. NIM. 6662160086. Thesis. Audience Reception Toward Religious Symbols on the Role of Protagonists and Antagonists in the "Munafik 2" Movie. Advisor I: Yearry Panji Setianto, S.Sos., M.Si., Ph.D. and Advisor II: Husnan Nurjuman, S.Ag.,M.Si “Munafik 2” is a movie with a horror-religious genre from Malaysia. Religious movie certainly display religious symbols, in this movie religious symbols are manifested through the appearance, words and actions of the roles whether they are protagonists or antagonists, therefore religious symbols are no longer identical with the good figures of the protagonists. While religious symbols are essentially holy and have positive values, therefore the use of religious symbols in this movie can be interpreted negatively because they contradict the essentially of religious symbols. This research aims to determine how the audience interpreted the religious symbols in the movie. The research used a qualitative approach to the reception analysis method, audience acceptance was then categorized into 3 audience positions according to Stuart Hall. The informants consisted of 6 people, data collection techniques were carried out by literature study, observation, and in-depth interviews. The results for the dominant category of protagonists there are 5 informants, for the antagonist role there are 4 informants. There is only 1 informant in the negotiation category for the role of the protagonist, for the role of the antagonist there is only 1 informant. Finally, the opposition category, for the role of the protagonist, there is no informant who falls into this category, while for the role of the antagonist, there is only 1 informant. The factors that cause differences in acceptance include gender, personality, organizational experience and individual personal experience. Keywords: Religious symbols in the film, Munafik 2, reception analysis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 24 Nov 2021 10:46
Last Modified: 24 Nov 2021 10:46
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1561

Actions (login required)

View Item View Item