Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Pengaruh Kredibilitas Opinion Leader Kampanye Green Marketing " SAVE OUR OCEAN " Terhadap Sikap Pro Lingkungan Remaja Akan Terumbu Karang.

Zulhakim, Aisya Putrima and Nesia, Andin and Nurjuman, Husnan (2021) Pengaruh Kredibilitas Opinion Leader Kampanye Green Marketing " SAVE OUR OCEAN " Terhadap Sikap Pro Lingkungan Remaja Akan Terumbu Karang. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
SKRIPSI Aisya Putrima Zulhakim 6662170058.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB)

Abstract

ABSTRAK Aisya Putrima Zulhakim. NIM. 6662170058. Skripsi.Pengaruh Kredibilitas Opinion Leader Kampanye Green Marketing “Save Our Ocean” Terhadap Sikap Pro Lingkungan Remaja Akan Terumbu Karang. Pembimbing I: Andin Nesia, M. I.Kom dan Pembimbing II: Husnan Nurjuman, S.Ag, M.Si. Teknologi memiliki peran dalam menguubah kampanye dan strateginya untuk menjangkau massa dari cara tradisional ke digital, yang kemudian memunculkan ide baru dalam memanfaatkan influencers dari internet untuk menjadi opinion leader dalam sebuah kampanye. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kredibilitas opinion leader terhadap sikap pro lingkungan remaja, serta untuk menguji kembali teori Two Step Flow of Communication dalam fenomena kampanye green marketing ‘Save Our Ocean’ oleh Jarte Beauty dan Nathanie Christy di platform Instagram. Responden dalam penelitian ini adalah wanita berumur 18-25 tahun yang juga merupakan pengikut akun Instagram Nathanie Christy dan pernah melihat kampanye tersebut minimal satu kali. Hasil data kemudian diolah menggunakan uji regresi linear berganda dan ditemukan bahwa kredibilitas opinion leader memengaruhi sikap pro lingkungan akan remaja. Kata Kunci: Kredibilitas, Opinion Leader, Kampanye Digital, Two Step Flow of Communication Theory, Sikap Pro Lingkungan ABSTRACT Aisya Putrima Zulhakim. NIM. 6662170058. Skripsi.Pengaruh Kredibilitas Opinion Leader Kampanye Green Marketing “Save Our Ocean” Terhadap Sikap Pro Lingkungan Remaja Akan Terumbu Karang. Pembimbing I: Andin Nesia, M. I.Kom dan Pembimbing II: Husnan Nurjuman, S.Ag, M.Si. Technology has a role in shifting campaign and its strategy to reach mass from traditional ways into digital ways, which led to all the ideas about having influencers from the internet as the opinion leader in a campaign. This research was conducted to analyze the effect of opinion leader’s credibility on green marketing campaign towards the behavior of coral reefs on teenagers and to also re-examine Two Step Flow of Communication Theory in the case of green marketing campaign “Save Our Ocean” by Jarte Beauty and Nathanie Christy on Instagram. The respondents of this research consists females from age of 18 to 25 who are also a follower of @nathaniec on Instagram and have seen the campaign at least once. The result of this research was analysed farther using Linear Regression and shows that the credibility of opinion leader affects adolescents’ behavior towards coral reefs. Key words : Credibility, Opinion Leader, Digital Campaign, Two Step Flow of Communication, Pro-Environmental Behavior

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 24 Nov 2021 10:48
Last Modified: 24 Nov 2021 10:48
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1558

Actions (login required)

View Item View Item