Akhbar, Galij Sabarudin and Hamid, Abdul and Nurokhman, Bayu (2021) Strategi Pemasaran Politik Calon Terpilih Walikota Serang Subadri Usulandin Dan Syafrudin Dalam Pemilukada Kota Serang Tahun 2018. S1 thesis, UNSPECIFIED.
Text
STRATEGI PEMASARAN POLITIK CALON TERPILIH WALIKOTA SERANG SUBADRI USULUDIN DAN SYAFRUDIN DALAM PE.pdf Restricted to Registered users only Download (784kB) |
Abstract
ABSTRAK Galih Sabarudin Akhbar. NIM: 6670150069. 2021. Skripsi. Strategi Pemasaran Politik Calon Walikota Serang Syafrudin dan Subadri dalam Pemilukada Kota Serang Tahun 2018. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dosen Pembimbing I: Abdul Hamid, Ph.D. Dosen Pembimbing II: Bayu Nurohman, M.Ipol Penelitian ini mengkaji tentang pemsaran politik yang digunakan oleh calon Walikota terpilih Syafrudin dan Subadri dalam Pemilukada Kota Serang Tahun 2018. Lebih spesifik, penelitian ini membahas lebih dalam bagaiman pemasaran politik yang diterapkan oleh calon Walikota Syafrudin dan Subadri dan bagaimana Stategi yang digunakan untuk memenangkan Pemilukada Kota Serang Tahun 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami tentang strategi dan pemasaran politik calon Walikota Terpilih Syafrudin dan Subadri dalam memenangkan Pemilukada Kota Serang Tahun 2018. Teori dasar yang digunakan adalah teori Pemasaran Politik Firmanzah dengan fokus teori 4Ps (Produk (product), Promosi (promotion), Harga (price), Penempatan (place)). Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemasaran politik yang diterapkan oleh calon walikota Syadfrudin dan Subadri sudah tepat sasaran dengan didukung oleh 5 partai pengusung. Dengan total perolehan suara disetiap kecamatan di Kota serang sebanyak 108.088 suara. Jika dilihat dari koalisi partai pengusung, pasangan Syafrudin dan Subadri sangatlah tertingal jauh dengan jumlah koalisi partai yang mengusung pasangan Verra-Nurhasan. Secara matematis memang sangat tertinggal, namun dengan keteguhan dan semangat membangun Kota Serang yang baru, Syafrudin dan Subadri bekerja ekstra keras bersama partai dan Keluarga dalam dukungan secara moril maupun fisik. Dan akhirnya dengan total presentasi suara sebanyak 39,69%, Syafrudin dan Subadri keluar sebagai pemenang dalam Pemilukada Kota Serang Tahun 2018 dan menjadi Walikota dalam masa jabatan 2018-2023 kedepan. Kata kunci : pemilihan kepala daerah, pemasaran politik, partai politik ix ABSTRACT Galih Sabarudin Akhbar. NIM: 6670150069. 2021. Thesis. Political Marketing Strategy for Serang Mayor Candidates, Syafrudin and Subadri, in the 2018 Regional Head General Election of Serang City. Faculty of Social and Political Sciences. Sultan Ageng Tirtayasa University. Supervisor I: Abdul Hamid, Ph.D. Supervisor II: Bayu Nurohman, M.Ipol This research examines the political marketing used by the elected mayor candidates Syafrudin and Subadri in the 2018 Regional Head Election of Serang City. More specifically, this research discusses more deeply how political marketing is applied by the candidates for Mayor Syafrudin and Subadri and how the strategies are used to win the Municipal Election. Serang 2018. The purpose of this research is to find out and understand about the political strategy and marketing of the elected mayor candidates Syafrudin and Subadri in winning the General Election of Serang City in 2018. The basic theory used is the Firmanzah Political Marketing theory with a focus on the 4Ps (product) theory, Promotion (promotion), price (price), placement (place)). The research method used is a qualitative method with a case study approach. The results showed that the political marketing applied by the candidates for mayor Syadfrudin and Subadri was right on target, supported by 5 supporting parties. With a total vote acquisition in each district in Serang City as many as 108,088 votes. When viewed from the supporting party coalition, the pair Syafrudin and Subadri are very far behind the number of party coalitions that support the Verra-Nurhasan pair. Mathematically it is very behind, but with determination and enthusiasm to build a new City of Serang, Syafrudin and Subadri worked extra hard with the party and the family in support of morally and physically. And finally with a total vote presentation of 39.69%, Syafrudin and Subadri came out as winners in the 2018 Serang City Election and became mayors in the 2018-2023 term Keywords : regional head elections, political marketing, political parties
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Communication > Science Journalism |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 65201-Program Studi Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Perpustakaan FISIP |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 10:48 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 10:48 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1557 |
Actions (login required)
View Item |