Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

HUBUNGAN GAME EDUKASI BAHASA INGGRIS TERHADAP KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN

RAMADHINI, HALIZA TSURAYA (2022) HUBUNGAN GAME EDUKASI BAHASA INGGRIS TERHADAP KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
2228170027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Children are unique and different human beings with the capacity to absorb a wide variety of stimuli at their age; This shows that childhood is a golden period of growth and development. Childhood can absorb many of the stimuli that occur with repetition. The same is true for preschool languages. In terms of linguistic intelligence, according to Gardner, children with linguistic intelligence show a person's sensitivity to the tone, structure, meaning, and function of words and language. This sensitivity can be an advantage for understanding the surrounding language in childhood. Good vocabulary, the ability to speak fluently, the ability to understand a word, sentence or command, etc. Giving an introduction to preschool English is a "beginner" for you to understand the steps to improve your English. The role of parents is important to guide early childhood in learning both formally and informally. This study was conducted to determine the relationship between English educational games and English vocabulary for children aged 5-6 years. This research is a research with a quantitative approach and the type of survey research. The subjects of this study were parents who had children aged 5-6 years in Cipare District who had or often provided access to English-language educational games for early childhood. The research instrument used is a questionnaire research instrument. Analysis of the data used is Pearson's product moment using the SPSS application. The results showed that the coefficient of determination was 40.5%, so it can be seen that the variables of English educational games and English Vocabulary have a significant relationship. The results obtained from the regression test results show that English educational games have a positive relationship so that it can be stated that the better the use of English educational games for early childhood, the higher the vocabulary skills of early childhood.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorROSIDAH, LAILY198005232006042041
Thesis advisorKHOSIAH, SITI197812042010122001
Additional Information: Anak usia dini merupakan pribadi yang unik dan berbeda beda, dengan kemampuan di usianya untuk menyerap Begitu banyak stimulasi yang diberikan menandakan bahwa anak usia dini berada pada masa keemasan pada tumbuh kembangnya. Anak usia dini dapat menyerap begitu banyak stimulus yang diberikan apabila dilakukan secara berulang dan menyenangkan. Begitu juga soal bahasa anak usia dini. Dalam hal kecerdasan linguistik, menurut Gardner anak yang memiliki kecerdasan linguistik ditunjukkan dengan kepekaan seseorang pada bunyi, struktur, makna, fungsi kata, dan bahasa. Kepekaan tersebut dapat menjadi kelebihan pada anak usia dini dalam memahami bahasa di sekitarnya. Baik dari pengetahuan kosakata, kelancaran dalam bicara, pemahaman pada suatu kata, kalimat maupun perintah dan sebagainya. Sebagai orang tua, diharapkan bisa peka terhadap kelebihan maupun kekurangan anak usia dini. Dengan cara menstimulasi dengan tepat dan dengan maksimal, diharapkan kecerdasan anak usia dini dapat sesuai atau bahkan lebih dari tingkat yang harus dicapai di umurnya. Dengan memberikan pengenalan bahasa inggris pada anak usia dini merupakan ‘awal’ untuk memahami tahapan penguasaan bahasa inggris di tingkat selanjutnya. Peran orangtua penting untuk membimbing anak usia dini melakukan pembelajaran baik secara formal maupun secara informal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan game edukasi bahasa inggris terhadap kosakata bahasa inggris anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan dengan jenis penelitian survei. Subjek penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak berusia 5-6 tahun di Kelurahan Cipare yang pernah atau sering memberi akses game edukasi berbahasa inggris ke anak usia dini. Instrumen penelitian yang dipakai adalah dengan instrumen penelitian kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah product moment pearson dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi sebesar 40,5% maka dapat dilihat bahwa variabel game edukasi bahasa inggris dan kosakata bahasa inggris terdapat hubungan pengaruh yang signifikan. Hasil yang didapat dari hasil uji regresi menunjukkan bahwa game edukasi bahasa inggris memiliki hubungan yang positif sehingga dapat dinyatakan bahwa semakin baik penggunaan game edukasi bahasa inggris ke anak usia dini, maka akan semakin tinggi pula kemampuan kosakata anak usia dini
Uncontrolled Keywords: Keywords: Early Childhood, Educational Game, English Vocabulary for Children Kata Kunci: Anak Usia Dini, Game Edukasi, Game Edukasi Bahasa Inggris, Kosakata Bahasa Inggris Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Haliza Tsuraya Ramadhini
Date Deposited: 11 Apr 2023 10:09
Last Modified: 11 Apr 2023 10:09
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/15525

Actions (login required)

View Item View Item