Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Evaluasi kebijakan penyelenggaraan program pendidikan inklusif di kota serang (Studi pada sekolah dasar)

ulya, Muhammad izza fauzan and Arenawati, Arenawati and Waseh, Hasuri (2022) Evaluasi kebijakan penyelenggaraan program pendidikan inklusif di kota serang (Studi pada sekolah dasar). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
DRAFT SKRIPSI MUHAMMAD IZZA FAUZAN ULYA 6661180127 FINALfull.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Izza Fauzan Ulya. Nim. 6661180127. Skripsi. Evaluasi Kebijakan Penyelenggaraan Program Pendidikan Inklusif di Kota Serang (Studi Pada Sekolah Dasar). Pembimbing I: Dr. Arenawati, S.Sos., M.Si., dan Pembimbing II: Dr. Hasuri Waseh, S.E., M.Si. Setiap orang berhak atas pendidikan termasuk anak-anak berkebutuhan khusus. Program pendidikan inklusif adalah pendidikan sistem yang memberi setiap orang akses ke pendidikan termasuk anak-anak berkebutuhan khusus. Pemerintah Indonesia menetapkan peraturan terkait kebijakan pendidikan inklusif termasuk Provinsi Banten dan Kabupaten/Kota Serang teritung sudah tujuh tahun. Permasalahan pada penelitian yakni kurang siapnya agen pelaksana dalam menyelenggarakan program pendidikan inklusif dan terbatasanya ketersediaan sumber pembiayaan, sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana penyelenggara yang memadai dan menjamin kelancaran program pendidikan inklusif di lingkungan sekolah Kota Serang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis keberhasilan Kebijakan Penyelenggaraan Program Pendidikan Inklusif di Kota Serang (Studi Kasus pada Sekolah Dasar). Teori yang digunakan adalah teori CIPP oleh Stufflebeam, meliputi evaluasi konteks; evaluasi masukan; evaluasi proses; evaluasi produk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yakni penyelenggaran program pendidikan inklusif di Kota Serang studi pada sekolah dasar belum terlaksana secara optimal, hal ini dikarenakan Belum meratanya untuk mewujudkan penyelenggaraan pendidikan inklusif yang memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada peserta didik di Kota Serang. Kata kunci: Evaluasi Kebijakan, Pendidikan Inklusif, Sekolah Dasar, Serang iii ABSTRACT Muhammad Izza Fauzan Ulya. Nim. 6661180127. Thesis. Evaluation of the Policy for implementing inclusive education programs in Serang City (Study in Elementary Schools). Supervisor I: Dr. Arenawati, S.Sos., M.Si., and Supervisor II: Dr. Hasuri Waseh, S.E., M.Si. Everyone has the right to get a proper education, including children with special needs. An inclusive education program is an education system that gives everyone access to education, including children with special needs. The Indonesian government has set regulations related to inclusive education policies including the Banten Province and Serang Regency/City for seven years. The problems in this research are the lack of readiness of implementing agents such as school and education authorities in implementing inclusive education programs and the limited availability of funding sources, human resources, as well as adequate facilities and infrastructure to ensure and support the smooth implementation of inclusive education programs in the Serang City school environment that has been running this long time. The purpose of this study was to determine and analyze the success of the Inclusive Education Program Implementation Policy in Serang City (Case Study in Elementary Schools). The theory used are the CIPP theory by Stufflebeam, including context evaluation; input evaluation; process evaluation; product evaluation. The research method used are a descriptive method with a qualitative approach. The results of the study, namely the implementation of inclusive education programs in the city of Serang, studies in elementary schools have not been carried out optimally, this is because it has not been evenly distributed to realize the implementation of inclusive education that provides the widest opportunity for students in the city of Serang. Keywords: Policy Evaluation, Inclusive education, elementary school, serang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Communication > Public Relations Science
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 19 Jul 2024 15:56
Last Modified: 19 Jul 2024 15:56
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/15499

Actions (login required)

View Item View Item