Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Strategi Humas Dalam Pengenalan Website Gelati.serangkota.go.id Sebagai Layanan Informasi Publik Pada Masa Pandemi Covid-19. Studi Kasus Pada Dinas Komunikasi Dan Informatikan Serang Banten.

Kamilah, Insyania and Winangsih, Rahmi and Mukhroman, Iman (2021) Strategi Humas Dalam Pengenalan Website Gelati.serangkota.go.id Sebagai Layanan Informasi Publik Pada Masa Pandemi Covid-19. Studi Kasus Pada Dinas Komunikasi Dan Informatikan Serang Banten. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
Strategi Humas Dalam Pengenalan Website.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)

Abstract

ABSTRAK Insyania Kamilah, NIM.6662170056. Skripsi, Strategi Humas dalam Pengenalan website gelati.serangkota.go.id Sebagai Layanan Informasi Publik Pada Masa Pandemi COVID-19. Pembimbing I : Dr. Rahmi Winangsih, M,Si. Dan Pembimbing II : Iman Mukhroman, S.Sos., M,Si. Salah satu tujuan implementasi E-Government yaitu agar pemerintah mampu menyediakan pelayanan informasi publik yang lebih baik. Program E-Government merupakan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi antar pemerintah dengan masyarakat dan kalangan lain yang berkepentingan (stakeholder) Salah satu perkemabangan teknologi yang dimanfaatkan oleh pemerintah kota serang dalam mendukung E-Government yaitu diadakannya website gelati.serangkota.go.id. website ini bertujuan untuk membantu memudahkan masyarakat maupun pelaku UMKM di kota serang sebagai tempat transaksi jual beli atau yang biasa disebut Ecommarce, selain itu website gelati.serangkota.go.id ini juga berfungsi sebagai mini maps kota serang yang membantu menginformasikan tempat-tempat yang ada di kota serang. Sayangnya saat ini masyarakat kota serang masih belum mengetahui keberadaan website gelati.serangkota.go.id yang dibuat oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi humas dalam pengenalan website gelati.serangkota.go.id agar website gelati ini dapat diketahui dan digunakan dengan semestinya oleh masyarakat luas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai pengumpulan data temuan di lapangan. Oleh karena itu, semua data yang diperoleh di lapangan baik yang berupa hasil observasi, wawancara dan dokumentasi akan dianalisis sehingga memunculkan deskripsi tentang strategi yang dilakukan oleh humas dalam pengenalan website gelati.serangkota.go.id. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang efektif pada masa pandemic Covid-19 ini dalam pengenalan website gelati.serangkota.go.id yaitu dengan menggunakan media, seperti membuat konten tentang website gelati, membuat video tron, membagikan informasi melalui media sosial seperti Instagram, whatsapp group, YouTube, dan juga FaceBook. Selain itu strategi dengan melakukan sosialisasi ke beberapa UMKM yang ada dikota serang. hasil dari strategi ini dapat dikatakan berhasil karena dengan bertambahnya akun yang terdaftar pada website gelati.serangkota.go.id, yang sebelumnya hanya ada 2 akun yang terdaftar. Kata Kunci : E-Government, Website gelati, Strategi Humas   ABSTRACT Insyania Kamilah, Student Number 6662170056. Undergraduate Thesis, The strategy of Public Relations in Introducing the website of gelati.serangkota.go.id as a public information service during the COVID-19 pandemic. Supervisor I : Dr. Rahmi Winangsih, M,Si. and Supervisor II : Iman Mukhroman, S.Sos., M,Si. One of the objectives of implementing E-Government is that the government is able to provide better public information services. The E-Government program is the use of information and communication technology between the government and the community and other stakeholders. One of the technological developments used by the government of Serang in supporting E-Government is the website gelati.serangkota.go.id. This website aims to facilitate the community and small and medium enterprises (SMEs) in Serang as a place for buying and selling transactions, or commonly called E-commerce. In addition, this website also functions as a mini-map that informs places in Serang. Unfortunately at this time the people of Serang still do not know the existence of the website which was created by the Office of Communication and Information of Serang, so this research aims to determine the strategy of public relations in the introduction of the website gelati.serangkota.go.id so that this can be known and used properly by the wider community. This research uses a qualitative method by conducting interviews, observation, and documentation of data collection findings in the field. Therefore, all data obtained in the field both in the form of observations, interviews, and documentation will be analyzed so that it gives rise to a description of the strategies carried out by public relations in the introduction of the website gelati.serangkota.go.id. The results show that an effective strategy during the Covid-19 pandemic in introducing the website gelati.serangkota.go.id was to use media, such as creating content about the gelati website, making tron videos, sharing information through social media such as Instagram, WhatsApp groups, YouTube, and Facebook. In addition, the strategy is to disseminate information to several MSMEs in Serang. The results of this strategy can be said to be successful because with the increase in registered accounts on the gelati.serangkota.go.id website, previously there were only 2 registered accounts. Keywords: E-Government, Gelati Website, Public Relations Strategy

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 24 Nov 2021 10:53
Last Modified: 24 Nov 2021 10:53
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1545

Actions (login required)

View Item View Item