Permana, Indra and Afrilla, Naniek and Nesia, Andin (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PARIWISATA DINAS PARIWISATA PROVINSI BANTEN DI ERA COVID-19. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.
Text
SKRIPSI INDRA PERMANA (PDF).pdf Download (794kB) |
Abstract
ABSTRAK Indra Permana. NIM 6662170044. Skripsi. Strategi Komunikasi Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Banten di Era Covid-19. Pembimbing I: Dr. Naniek Afrilla Framanik, S.Sos., M.Si dan Pembimbing II: Andin Nesia, S.IK., M.I.Kom Penelitian ini membahas mengenai strategi komunikasi pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Banten di era Covid-19 yang mana banyak aktivitas sosial di masyarakat dihentikan kelangsungannya termasuk sektor pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keadaan pariwisata, formulasi kebijakan pariwisata, perencanaan program pelaksanaan kegiatan, dan aplikasi kegiatan terkait strategi komunikasi pariwisata di Dinas Pariwisata Provinsi Banten di era Covid-19. Konsep teori yang digunakanadalah Model Perencanaan Komunikasi Philip Lesly yang akan digunakan sebagai alat analisis penelitian. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan sifat deskriptif. Selain itu, pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, studi literatur, dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan metode interactive model. Hasil penelitian menunjukkanbahwa strategi komunikasi pariwisata yang dilakukan Dinas Pariwisata Provinsi Banten di era Covid-19 saat ini dengan melaksanakan program kegiatan bernama Siaga Wisata yang dirancang dengan beberapa tahapan yakni: (1) Tahap analisis dan riset adalah banyaknya wisata air yang ada di Provinsi Banten, adanya pandemi Covid-19, dan menjaga keamanan dan kenyamanan para wisatawan. (2) Tahap perumusan kebijakan adalah memberikan rasa aman dan nyaman kepada para wisatawan dan menjalin strategi dengan institusi-institusi terkait. (3) Tahap perencanaan program pelaksanaan adalahmenyiapkan tenaga atau mitra-mitra dalam siaga wisata dengan anggaran yang bersumber dari APBD. (4) Tahap kegiatan komunikasi adalahmelalui saluran komunikasitradisional, melalui media baru yakni platform Instagram @visitbanten.id dan portal berita online,dan melalui komunikasi publik surat kabar, baliho, dan spanduk. Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap pariwisata di Provinsi Banten di mana menyebabkan banyak sektor pariwisata harus dihentikan aktivitasnya. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Pariwisata, Model Perencanaan Philip Lesly. ABSTRACT Indra Permana. NIM 6662170044. Thesis. Tourism Communication Strategy of Banten Provincial Tourism Office in the Covid-19 Era. Mentor I: Dr. Naniek Afrilla Framanik, S.Sos., M.Si dan Mentor II: Andin Nesia, S.IK., M.I.Kom This research discusses the tourism communication strategy of the Banten Provincial Tourism Office in the Covid-19 Era where many social activities in the community are stopped including the tourism sector. This research aims to find out how the state of tourism, formulation of tourism policy, program planning of implementation of activities, and application of activities related to tourism communication strategy in the Banten Provincial Tourism Office in the Era of Covid-19. The concept of theory used is the Philip Lesly Communication Planning Model which will be used as a research analysis tool. The research approach used is a qualitative approach with descriptive properties. In addition, the data collection in this study was conducted with observations, interviews, literature studies, and documentation which are then analyzed by interactive model methods. The results showed that the tourism communication strategy conducted by the Banten Provincial Tourism Office in the current Covid-19 era by carrying out an activity program called Siaga Wisata is designed with several stages, namely: (1) The analysis and research phase is so many of water tourism in Banten Province, the Covid-19 pandemic, and maintaining the safety and comfort of tourists. (2) The policy formulation phase shall be to provide a sense of security and comfort to the tourists and establish strategies with relevant institutions. (3) The planning stage of the implementation program shall be to prepare the personnel or partners in the tourism standby with a budget sourced from the regional revenues and expenditures budget. (4) The stage of communication activities is through traditional communication channels, through new media, namely the Instagram platform @visitbanten.id and online news portals, and through public communication of newspapers, billboards, and banners. The Covid-19 pandemic had significant impact on tourism in Banten Province where many tourism sectors had to stop activities. Keywords: Communication Strategy, Tourism, Philip Lesly Planning Model.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Communication > Communication (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Perpustakaan FISIP |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 04:07 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 06:51 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1544 |
Actions (login required)
View Item |