Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SERANG DI KELAS 1 SDN PAMINDANGAN KECAMATAN SERANG (Penelitian Kualitatif Deskriptif di SDN Pamindangan Kota Serang Banten)

SURTIYAH, SURTIYAH (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SERANG DI KELAS 1 SDN PAMINDANGAN KECAMATAN SERANG (Penelitian Kualitatif Deskriptif di SDN Pamindangan Kota Serang Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia adalah suatu negara yang memiliki banyak suku, sebut saja suku Jawa, Sunda, Batak, Bugis, Dayak. Di setiap suku terdapat bahasa Daerah yang berbeda-beda seperti kita ketahui, banyak sekali bahasa daerah yang di gunakan untuk berkomunikasi setiap harinya di masyarakat setempat. Pada era globalisasi yang terjadi pada saat ini keberadaan bahasa daerah mulai terancam pudar/punah. Salah satu di antaranya bahasa jawa Serang di daerah Banten. Bahasa Jawa Serang tidak lagi merupakan bahasa ibu/bahasa pertama di daerah sendiri, tetapi sudah menjadi bahasa kedua setelah bahasa Indonesia terhadap kebudayaan di Nusantara sangat besar sehingga anak-anak jaman sekarang terutama di kota-kota besar yang tidak lagi mengenal bahasa daerahnya sendiri khususnya bahasa Jawa Serang (Jaseng) untuk daerah Banten. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang proses kegiatan pembelajaran bahasa Jawa serang yang dilaksanakan di SDN Pamindangan dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Jawa serang (jaseng) di SDN Pamindangan metode yg di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode ceramah, observasi dan wawancara di SDN Pamindangan kelas 1 (satu), metode belajar bahasa yang menggunakan pendektan mendengar, tulis dan baca untuk menghasilkan penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif. Maka dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Bahasa Jawa Serang di kelas 1 SDN Pamindangan Kecamatan Serang Kota Serang Banten cukup baik karena guru menggunakan Bahasa Jawa Serang untuk mempermudah anak-anak murid kelas awal Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pamindangan, didasari dengan beberapa anak mengalami kesulitan belajar membaca Bahasa Jawa Serang, sehingga setelah menerapkan Pembelajaran Bahasa Jawa Serang anak-anak mampu membaca. Bahasa Jawa Serang anak menjadi lebih baik dan lebih meningkat. Respon anak murid dengan diterapkannya pembelajaran Bahasa Jawa Serang, anak-anak merasa senang karna mempelajari bahasa daerah sendiri. Secara teoretik, berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dengan Penerapan Pembelajaran Bahasa Jawa Serang di kelas 1 SDN Pamindangan Kecamatan Serang Kota Serang Banten dilalukan oleh guru dengan mengajarkan cara membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana. Guru menganalisa atau mengeja huruf-huruf satu persatu kemudian disintesiskan atau disatukan satu persatu huruf-huruf yang ada sehingga dibaca menjadi suku kata, kata dan kalimat yang bermakna dan dapat dipahami oleh pembaca dan orang lain.Secara praktis, yang didapat dalam penelitian ini anak terbiasa dengan Bahasa daerahnya sendiri atau anak terbiasa berdialog dengan bahasa daerah sehingga bahasa daerah adalah kebanggaan kita rakyatnya sehingga tidak menjadi punah.karna bahasa jawa serang sekarang sudah tidak tergerus oleh waktu karna di SDN Pamindangan anak-anak didiknya bisa berbahasa Jawa Serang untuk tingkat Sedang dan Bebasan .

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFATIMAH, ATIN19790308200642001
Thesis advisorFAHMI, FAHMI197908102010121001
Additional Information: Indonesia is a country with tribal diversity, such as Javanese, Sundanese, Batak, Bugis�nese, Dayak. In each tribe, there are different regional languages, as we know, many regional languages are used to communicate every day in the local community. Currently due to of globalization, the existence of regional languages is extinction. One of them is the Javanese Serang language in the Banten area. Serang Javanese is no longer the mother tongue / first language in their own region, but has become the second language after Indonesian, the culture in Nusantara is very largeso currently children, especially in big cities, are no longer familiar with their own regional languages, especially Java Serang language (Jaseng) for the Banten area. The purpose of this study is to describe the process of learning Javanese language activities and to find out the obstacles faced in learning Javanese Serang language (jaseng) in grade 1 SDN Pamindangan. This study used a descriptive qualitative research method. The data collection procedure was carried out by means of observation, interviews and documentation. Data analysis used data reduction, data presentation and conclusion drawing. From the conclusion, it is found that the application of learning Serang Javanese language in grade 1 SDN Pamindangan, Serang District, Serang City, Banten is quite good because the teacher uses Serang Javanese to make it easier for early grade students of Pamindangan Elementary School (SDN), based on several children and teacher have difficulty learning to read the Javanese Serang language due to not familiar, so that after implementing the Serang Javanese Learning the children are able to write, read, listen and speak. The Javanese language of Serang children is getting better and better. The response of the students with the implementation of learning Javanese Serang language, the children felt happy because they are learned their own local language. As well as Serang Javanese language is not eroded by time because at SDN Pamindangan the students can speak Serang Javanese for moderate and Bebasan levels . Keywords: Local Language, Learning, Javanese Serang Language (JASENG)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bahasa Daerah, Pembelajaran, Bahasa Jawa Serang (JASENG)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Aug 2022 10:34
Last Modified: 10 Aug 2022 10:35
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/15413

Actions (login required)

View Item View Item