Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Pengaruh Kredibilitas Pelayanan Informasi Public Relations Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia terhadap Publisitas Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia

Efrina, Puspitasari and Afrilla, Naniek and Yuliana, Nina (2011) Pengaruh Kredibilitas Pelayanan Informasi Public Relations Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia terhadap Publisitas Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi Prodi. Komunikasi)
SKRIPSI KOM EFRINA PUSPITASARI.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pengaruh Kredibilitas Pelayanan Informasi Public Relations Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Terhadap Publisitas Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Oleh : Efrina Puspita Sari (072928) ( XVII jml hal awal + 136 jml hal isi (I-V) + 47 jml hal lampiran + 39 eks Bilb (1976-2009) + 70 jml tabel ) Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia merupakan instansi pemerintahan yang memiliki praktisi Public Relations untuk melaksanakan fungsi dan tugasnya, yang mana salah satu nya yakni memberikan pelayanan kepada publiknya, yang salah satu publik eksternalnya adalah media, yang pada penelitian ini membahas kepada personifikasi dari media yakni Wartawan Pos Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Pada fakta yang di dapat oleh peneliti dari Wartawan Pos Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia juru bicara selaku Public Relations Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia menjawab pertanyaan yang diajukan “muter-muter” atau tidak seperti yang diharapkan oleh wartawan, padahal bisa saja beliau menyampaikan permohonan maaf nya dengan alasan tidak bisa menjawab karena masih rahasia atau alasan logis lain yang membuat Wartawan Pos akan paham bukan sebaliknya, dan jadwal press briefing sering kali tidak on time, “molor”beberapa menit dari jadwal yang sudah di tentukan. Kemudian terkadang cara menyampaikan informasi bicaranya terbata-bata, sangat susah di hubungi by phone, jarang membalas sms, dan beliau kadang membalas ketika informasi tersebut sudah tidak diperlukan. Pelayanan informasi merupakan suatu hal yang penting untuk diperhatikan karena hal tersebut merupakan kebutuhan media massa yang mana juga berpengaruh terhadap publisitas Public Relations. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kredibilitas, publisitas dan pengaruh kredibilitas pelayanan informasi Public Relations Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia terhadap publisitas Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan sifat penelitian eksplanatif dan pendekatan kuantitatif, serta menggunakan paradigma positivis dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah Wartawan Pos Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia yang berjumlah 78 orang dengan sampel yang diambil sebanyak 44 orang dengan menggunakan teknik sampel random sederhana yang kemudian untuk mempermudah dalam penentuan sampel maka peneliti menggunakan sampling berstrata. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas data, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis korelasi, uji hipotesis, koefisiensi determinasi, dan uji regresi (pengaruh). Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji validitas data pada variabel X 20 pernyataan valid dan reliabel serta 24 pernyataan variabel Y valid dan reliabel. Pada uji normalitas didapatkan hasil data sampel pada Variabel X dan Y berdistribusi normal. Kemudian uji koefisiensi korelasi yang mana nilai koefisien korelasinya 0.365, menunjukkan hubungan yang positif dan Interpretasi nilai koefisien korelasi 0.365 menunjukkan hubungan yang rendah karena berada pada rentang 0.20-0.399. Pada uji hipotesis, diketahui adanya hubungan yang positif dan signifikan. Pada KD (Koefisien Determinasi), menunjukkan bahwa besar variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 13.4%. Pada uji Regresi,ditemukan hasil 13.4% sedangkan sisanya (100%-13.4% = 86.6%) dipengaruhi oleh faktor lain yang masih memerlukan penelitian lebih lanjut lagi.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT: The influence of Credibility Information Service of Public Relations of Ministry of Foreign Affairs of the Republic of Indonesia to the Publicity of the Ministry of Foreign Affairs of the Republic of Indonesia By : Efrina Puspita Sari (072928) ( XVII preliminary pages + 136 content pages (chapter I-V) + 47 appendix pages + 39 eks Bilb (1976-2009) + 70 tables ) Ministry of Foreign Affairs of Republic of Indonesia is a government agency that has a Public Relations practitioners to perform its functions and duties, which one of them that is providing services to public, which one is the external public media, which in this study discusses the personification of the media Pos correspondent of Ministry of Foreign Affairs of the Republic of Indonesia. Facts obtained by researchers from the Pos Reporters of the Ministry of Foreign Affairs of the Republic of Indonesia, as the Public Relations including spokesman for Ministry of Foreign Affairs of the Republic of Indonesia addressed the question "muter-muter" or not as expected by the reporters, whereas it can only apology he delivered the petition on the grounds could not answer because it is still secret or any other logical reason for making the Post reporters will understand and schedule a press briefing is often not on time, "delayed" a few minutes from the schedule already in the set. Sometimes how to convey information stammered, very difficult in contact by phone, rarely reply to sms, and he sometimes returned when the information is not required. Information services is an important thing to note because it is the needs of the mass media which also affects to Public Relations publicity. The purpose of this study was to determine the credibility, publicity and the influence of the credibility information services of Public Relations of Ministry of Foreign Affairs of the Republic of Indonesia to the publicity of Ministry of Foreign Affairs of the Republic of Indonesia. The method in this study using survey methods to study the nature explanative and quantitative approaches, as well as using a positivist paradigm with data collection techniques using questionnaires and literature study. The population in this study are the Pos Reporters of the Ministry of Foreign Affairs of the Republic of Indonesia, amounting to 78 people with samples taken as many as 44 people by using simple random sampling techniques, to facilitate the determination of the sample the researcher used a stratified sampling. Analysis of the data in this study using the test data validity, reliability test, normality test, correlation analysis, hypothesis testing, coefficient of determination, and regression test (the influence of). Based on research results, test results of the validity of data on variable X 20 is valid and reliable statements and 24 statements in Y is valid and reliable. Normality test results obtained on the sample data on variables X and Y are normally distributed. Then the correlation coefficient test in which the value of the correlation coefficient 0.365, indicating a positive relationship and the Interpretation of the correlation coefficient 0.365 indicates a low relationship because it is in the range 0.20-0.399. In a test of hypothesis, discovery of a positive and significant relationship. In Coefficient of Determination, indicating that the major variable X to variable Y is 13.4%. In the regression test, found the results while the remaining 13.4%, and the rest is (100% -13.4% = 86.6%) affected by other factors which still require further research.
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 08 Feb 2013 06:59
Last Modified: 15 May 2013 07:17
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item View Item