Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOKAMI (KOTAK KARTU MISTERIUS) TEMA PELESTARIAN LINGKUNGAN

FATIMAH NURALISA, SITI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOKAMI (KOTAK KARTU MISTERIUS) TEMA PELESTARIAN LINGKUNGAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pada saat observasi didapatkan permasalahan bahwa hasil belajar kognitif siswa yang rendah salah satunya disebabkan karena minimnya media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran IPA. Proses pembelajaran IPA dengan bantuan media pembelajaran Kokami dapat meningkatkan hasil belajar kognitif. Media pembelajaran Kokami (kotak kartu misterius) yaitu media yang dapat digunakan siswa untuk berdiskusi mengenai suatu permasalahan yang berkaitan dengan pencemaran lingkungan, sehingga siswa bias menerapkan upaya untuk melestarikan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kevalidan dan kepraktisan pada media pembelajaran Kokami tema pelestarian lingkungan. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development R&D, desain penelitian menggunakan desain Borg & Gall (2003) dan sampel penelitian menggunakan 40 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Menes. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi untuk uji kevalidan yang dilakukan oleh 3 validator yaitu ahli media, ahli materi dan guru mata pelajaran IPA, serta angket respons siswa untuk uji kepraktisan. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran Kokami memiliki perbedaan dengan produk sejenis dilihat dari komponen, materi, inovasi baru dan capaiannya untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Hasil uji kevalidan oleh tiga validator memiliki nilai rata-rata 93%, dengan kriteria “Valid” artinya media pembelajaran Kokami dapat diujicoba kepada pengguna. Hasil uji kepraktisan media pembelajaran Kokami pada respons siswa menghasilkan nilai rata-rata 96,5% dengan kriteria “Sangat Baik” artinya media pembelajaran Kokami sangat baik digunakan dalam pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorVITASARI, MUDMAINAH0012088901
Thesis advisorNESTIADI, ADI0006068810
Additional Information: At the time of observation, it was found that the problem of low cognitive learning outcomes of students was one of them caused by the lack of learning media used in the science learning process. The science learning process used learning media would improve cognitive learning outcomes. Kokami (kotak kartu misterius) learning media is media could be used by the student to discuss problems that related to environmental pollution, so the students could be applied efforts to preserve the environment. This research aimed to develop, know the validity and practicality of Kokami learning media with an environmental conservation theme. This research was done in November 2020. The research method used is Research and Development (R&D), the research design used Borg & Gall design, and samples used 40 students of 7th grade in SMP Negeri 1 Menes. Instruments used are validation sheets to test the validity by 3 validators which are media expert, material expert, and science teacher, also questionnaires of students responses to the practical test. The result of research and development showed that the development of Kokami learning media is different from similar products to the components, materials, innovations that the researcher made and their achievements to improve student cognitive learning outcomes. The result of the validity test by three validators has an average value of 93% in the "Valid" criteria, meaning that Kokami learning media can be tested on users. The result of the practical test of Kokami learning media to students responses has an average value of 96,5%, also in the "Excellent" criteria. Keywords: Kokami Learning Media, Environmental Conservation Theme, Cognitive Learning Outcome
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Pembelajaran Kokami, Pelestarian Lingkungan, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84201-Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Aug 2022 14:15
Last Modified: 09 Aug 2022 14:15
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/15394

Actions (login required)

View Item View Item