Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA BUKU TEKS PEMBELAJARAN IPA SMP KELAS VII TEMA AIR YANG TERCEMAR

Puteri Utami, Rizkiyati (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA BUKU TEKS PEMBELAJARAN IPA SMP KELAS VII TEMA AIR YANG TERCEMAR. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemunculan indikator kemampuan berpikir kritis pada buku teks pembelajaran IPA SMP kelas VII pada tema air yang tercemar. Indikator kemampuan berpikir kritis yang dianalisis yaitu memfokuskan pertanyaan, menganalisis argumen, bertanya dan menjawab pertanyaan, mempertimbangkan apakah sumber dapat dipercaya atau tidak, mengobservasi dan mempertimbangkan suatu observasi, membuat deduksi dan mempertimbangkan hasil deduksi, membuat induksi dan mempertimbangkan hasil induksi, membuat dan pertimbangankan keputusan yang bernilai, mendefinisikan istilah dan pertimbangkan definisi, mengidentifikasi asumsi, menentukan suatu tindakan dan berinteraksi dengan orang lain. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode analisis dokumen untuk memaparkan kemunculan indikator kemampuan berpikir kritis pada setiap komponen sub materi dalam buku teks pembelajaran IPA. Objek penelitian ini yaitu buku teks pembelajaran IPA penerbit Kemendikbud, Erlangga dan Quadra. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar daftar checklist. Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif dengan menghitung jumlah komponen analisis yang sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Hasil analisis kemunculan indikator berpikir kritis pada ketiga buku teks pembelajaran IPA yang dianalisis, kemunculan indikator kemampuan berpikir kritis memperoleh persentase tertinggi pada buku Kemendikbud sebesar 83,33% kategori sangat baik. Sedangkan buku Erlangga sebesar 66,67% kategori baik dan Quadra sebesar 56,68% kategori cukup baik.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMUKTI LEKSONO, SUROSO19722022600501002
Thesis advisorNOVIANTI TAUFIK, ANNISA0015119204
Additional Information: This study aimed to analyze the emergence of indicators critical thingking skills in the seventh grade junior high school science learning textbook on the them of polluted water. The indicators of critical thingking skills that analyzed are focusing on question, analyzing arguments, asking and answering questions, considering whether the source is reliable or not, observing and considering an observation, making deductions and considering, the results of deductions, making inductions and considering the results of induction, making and considering decisions value, define terms and consider definitions, identify assumptions, define an action and interact with others. This research was a descriptive study by using document analysis method to describe the emergence of indicators critical thingking skills in each sub�material component in the science learning textbook. The object of this research was the science leaning textbook published by Kemendikbud, Erlangga and Quadra. The data collection technique used documentation. The instrument used a checklist sheet. Analysis of research data used descriptive statistics by calculating the number of components of the analysis in accordance with the indicators of critical thingking skills. The results of the analysis of the emergence of indicators critical thingking indicators in the three science learning textbooks that were analyzed, the emergence of indicators critical thingking skills obtained the highest percentage in the kemendikbud book of 83,33% very good. Meanwhile, Erlangga’s book was 66,67% good and Quadra 56,68% good enough. Keywords: Class VII Junior High School Science Learning Textbook, Critical Thingking Ability, Polluted Water.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Buku Teks Pembelajaran IPA SMP Kelas VII, Kemampuan Berpikir Kritis dan Air yang Tercemar.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84201-Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Aug 2022 13:53
Last Modified: 09 Aug 2022 13:53
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/15391

Actions (login required)

View Item View Item