Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH METODE AKROSTIK DAN METODE SUMBANG SARAN (BRAINSTORMING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 RANGKASBITUNG

RISKY, TIARA (2022) PENGARUH METODE AKROSTIK DAN METODE SUMBANG SARAN (BRAINSTORMING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 RANGKASBITUNG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode akrostik dan sumbang saran (brainstorming) terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMK Negeri 2 Rangkasbitung. Hal tersebut dilakukan dengan membandingkan hasil pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode akrostik dan menggunakan metode sumbang saran (brainstorming). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen bersifat kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah teknik tes dengan instrumen tes penugasan menulis puisi dan teknik analisis data statistik dengan menggunakan Microsoft Excel dan hitungan manual. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 486 siswa dengan sampel sebanyak 40 siswa yang dibagi ke dalam dua kelompok, yakni kelompok kelas eksperimen yaitu kelas X APHP 4 dan kelompok kelas kontrol yaitu kelas X APHP 2. Temuan penelitian ini menunnjukkan; (1) terdapat pergaruh metode akrostik terhadap pembelajaran menulis puisi yang dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata setelah diberikan perlakuan. Pada kelas eksperimen dengan metode akrostik didapatkan hasil rata-rata skor pretest sebesar 65,25 dan skor posttest sebesar 83,5. (2) terdapat pergaruh metode sumbang saran (brainstorming) terhadap pembelajaran menulis puisi yang dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata setelah diberikan perlakuan. Pada kelas kontrol didapatkan hasil rata-rata skor pretest sebesar 59,4 dan skor posttest sebesar 67,65. (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan Metode Akrostik dan Sumbang Saran (Brainstorming) terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMK Negeri 2 Rangkasbitung yang dibuktikan dengan peningkatan nilai kelas eksperimen sebanyak 28% dari hasil rata-rata skor pretest 65,25 dan skor posttest 83,5. Lalu pada kelas kontrol didapatkan peningkatan hasil sebanyak 14% dari rata-rata skor pretest 59,4 dan skor posttest 67,65. Dengan demikian secara implementasi bahwa pembelajaran menulis puisi dapat menggunakan metode akrostik dan sumbang saran (brainstorming), akan tetapi lebih baik menggunakan metode akrostik sebagai metode pembelajaran menulis puisi karena metode ini terbukti lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHILALIYAH, TATU196503182005012001
Thesis advisorSOLIHAT, ILMI198805032014042003
Additional Information: This study is aimed to describe the effect of acrostic and brainstorming methods toward students’ ability in writing poetry at the tenth grade of SMK Negeri 2 Rangkasbitung. This research is conducted by comparing the results of learning writing poetry learning used the acrostic and brainstorming method. The researcher used a quantitative experimental method with a pretest�posttest control group design. In collecting data, the researcher used a test technique, then used the assignment of writing poetry as a test instrument and used Microsoft Excel and manual counting as a statistical data analysis techniques. The subject of this research was 40 students who were divided into two groups, namely the experimental class group in class X APHP 4 and the control class group in class X APHP 2. The result of this research were; (1) there is an effect of the acrostic method in writing poetry learning which showed by the improvement of students’ average score after using this method. In the experimental class with the acrostic method, the average pretest score was 65.25 and the post test score was 83.5. (2) there is an impact of brainstorming method towards learning poetry learning as proven by the improvement of students’ average score after treatment.. In the control class, the average pretest score was 59.4 and the post test score was 67.65. (3) there is a significant difference between the use of the Acrostic Method and Brainstorming on students’ ability to write poetry in class X SMK Negeri 2 Rangkasbitung as proven by students’ improvement in the experimental class score by 28% from the average pretest score of 65.25 and the score posttest 83,5. Then in the control class, the results obtained were increased by 14% from the average pretest score of 59.4 and posttest score of 67.65. Thus in implementation that wrting poetry learning can use acrostic methods and brainstorming, however, it is better to use acrostic methods as a learning method to write poetry because this method is proven to be more effective in improving poetry writing skills. Key word : learning, poetry, acrostic method, brainstorming method, pretest, posttest
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : pembelajaran, puisi, metode akrostik, metode sumbang saran (brainstorming), pretest, posttest
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Aug 2022 14:21
Last Modified: 08 Aug 2022 14:21
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/15371

Actions (login required)

View Item View Item