Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Penerapan Metode SQ3R dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA Negeri 1 Baros (Studi Eksperimen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Baros tahun ajaran 2017-2018)

Rahmawati, Ila (2022) Penerapan Metode SQ3R dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA Negeri 1 Baros (Studi Eksperimen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Baros tahun ajaran 2017-2018). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pembelajaran membaca pada siswa dalam pemahaman membaca.Rumusan masalahnya adalah 1 ) Adakah pengaruh metode SQ3R terhadap pembelajaran membaca pemahaman siswa di kelas X SMA Negeri 1 Baros ? 2 ) Bagaimanakah kemampuan siswa dalam memahami bacaan khususnya membaca pemahaman siswa dalam metode S03R pada sebuah wacana di SMA Negeri 1 Baros ? Metode SQ3R adalah membaca yang efektif dan efisien untuk memahami dan mengingat lebih lama , membaca dengan metode SQ3R sangat baik untuk kepentingan membaca secara intensif dan rasional . Metode SQ3R ini melibatkan siswa belajar membaca secara aktif . Metode SQ38 memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 1 Baros . Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji perbedaan dua rata - rata diketahui nilai tang lebih besar dari lubel ( 7,432 > 1,994 ) . Oleh karena nilai bang lebih besar dari label maka peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui metode SQ3R lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran biasa ( konvensional ) .

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorEDIWARMAN, EDIWARMAN196610052001121001
Thesis advisorTISNASARI, SUNDAWATI198511112010122004
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI : PENERAPAN METODE SQ3R
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Aug 2022 14:03
Last Modified: 08 Aug 2022 14:03
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/15370

Actions (login required)

View Item View Item