Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA PROVINSI BANTEN MELALUI PORTAL INFORMASI EXCITINGBANTEN.ID

ADIPERKASA KUSUMAH, ESSA (2022) STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA PROVINSI BANTEN MELALUI PORTAL INFORMASI EXCITINGBANTEN.ID. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Provinsi Banten merupakan daerah yang memiliki potensi wisata yang mampu mendorong perekonomian daerah, Provinsi Banten memiliki potensi pariwisata yang variatif, tersebar di 4 kabupaten dan 4 kota, tercatat hampir 344 jenis wisata alam, 231 jenis wisata buatan dan hamper 591 jenis wisata religi, sejarah budaya dan wisata ziarah. Dinas Pariwisata Provinsi Banten di harapkan memiliki strategi komunikasi yang tepat dan efisien agar pariwisata di Banten dapat di kenal oleh masyarakat luar daerah dan juga luar negeri. Salah satu strategi komunikasi yang di gunakan oleh Dinas Pariwisata Banten dalam mempromosikan pariwsata di Banten adalah dengan menerapkan portal informasi yaitu situs exicitingbanten.id. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Paradigma yang digunakan adalah post positivisme ditunjang dengan model alur tanda “?”.Teknik analisa data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapat adalah (1) Dinas Pariwisata Provinsi Banten memfokuskan target khalayaknya pada wisatawan domestik, dan untuk UMKM (usaha mikro kecil menengah) berfokus pada masyarakat lokal dekat lokasi pariwisata. (2) Tujuan yang ingin di capai dari portal informasi excitingbanten.id adalah untuk mendeketkan konsumen dengan produsen. (3) Pada tahap pemilihan pesan, untuk penyampainnya pesannya Dinas Pariwisata Provinsi Banten mempromosikan portal informasi excitingbanten.id melalui acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten dan juga melalui sosial media yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten. (4) Dinas Pariwisata Provinsi Banten mengubah kebiasaan khalayak yang pada awalnya mencari dan mendapatkan informasi lewat per individu menjadi lebih modern dan juga efisien terkait segala kebutuhan wisata yang ada di Banten. (5) Dinas Pariwisata Provinsi Banten memilih portal informasi karena pihak Dinas ingin masyarakat mendapatkan informasi juga seputar wisata yang ada di Banten langsung dari pihak yang mengelola. (6) Dinas Pariwisata Provinsi Banten membuat portal informasi yang memiliki pesan informative dan kekinian untuk menarik masyarakat, karena saat ini kehidupan masyarakat tidak terlepas dari internet. (7) UMKM (usaha mikro kecil menengah) merespon dengan baik tentang portal informasi excitingbanten.id, beberapa wisatawan membeli produk karena mendapatkan informasi produk tersebut dari portal informasi excitingbanten.id.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAfrilla Framanik, Naniek197704032003122001
Thesis advisorBurhanudin, Burhanudin197504052008121001
Additional Information: Banten Province is an area that has tourism potential that can improve the regional economy, Banten Province has varied tourism potential, spread over 4 districts and 4 cities, recorded nearly 344 types of natural tourism, 231 types of artificial tourism and nearly 591 types of religious tourism, cultural history and pilgrimage tourism. Government Tourism of Banten Province is expected has an appropriate and efficient communication strategy so that tourism in Banten can be recognized by people outside the region and also abroad. One of the communication strategies used by the Government Tourism of Banten Province in promoting tourism in Banten is by implementing an information portal, the exicitingbanten.id site. This research uses a descriptive qualitative approach. The paradigm used is post positivism supported by the "?" Sign flow model. Data analysis techniques are carried out through the process of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research results obtained is (1) The Government Tourism of Banten Province focuses its target audience on domestic tourists, and for mall and Medium Enterprise (SME) it focuses on local communities around tourism locations. (2) The objectives to be achieved from the excitingbanten.id information portal is to get closer consumers with producers. (3) In the message selection stage, The Government Tourism of Banten Province promotes the excitingbanten.id information portal through an event organized by The Government Tourism of Banten Province and also through social media managed by The Government Tourism of Banten Province. (4) The Government Tourism of Banten Province wants to change the habits of the audience, who initially sought and obtained information through individual to more modern and efficient ones regarding all tourism needs in Banten. (5) The Government Tourism of Banten Province chose the information portal because the Service wanted the public to get information about tourism in Banten directly from the party that manages it (6) The Government Tourism of Banten Province. creates an information portal that has informative and up-to-date messages to attract the public, because currently people's lives cannot be separated from the internet. (7) Small and medium enterprises responded well to the excitingbanten.id information portal, some tourists bought the product because they got the product information from the excitingbanten.id information portal. Keyword : The Government Tourism of Banten Province, Communication Strategy, Information Portal
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Strategi Komunikasi, Portal Informasi
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 05 Aug 2022 10:52
Last Modified: 05 Aug 2022 10:52
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/15315

Actions (login required)

View Item View Item