Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

SEGMENTING DAN TARGETING PULAU PRAMUKA SEBAGAI DESTINASI WISATA PADA MASA PANDEMI TAMAN NASIONAL PULAU PRAMUKA

pameswara, Enggar tiasto and Widyastuti, Nurprapti Wahyu and Restu.H,, Uliviana (2022) SEGMENTING DAN TARGETING PULAU PRAMUKA SEBAGAI DESTINASI WISATA PADA MASA PANDEMI TAMAN NASIONAL PULAU PRAMUKA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
Skripsi Enggartiasto P BAB 1 - 5 Akhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Enggartiasto Pameswara. NIM 6662150112. Skripsi. SEGMENTING DAN TARGETING PULAU PRAMUKA SEBAGAI DESTINASI WISATA PADA MASA PANDEMI TAMAN NASIONAL PULAU PRAMUKA. Pembimbing I : Dr. Nurprapti Wahyu Widyastuti, M.Si dan Pembimbing II : Uliviana Restu H, S.Sos., M.I.Kom Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau di gugus kepulauan seribu yang memiliki potensi wisata yang tinggi. Namun, di masa pandemi ini terdapat penurunan jumlah wisatawan yang signifikan. Penelitian ini membahas strategi komunikasi pemasaran destinasi wisata favorite pulau pramuka pada masa pandemi covid-19. Dengan menggunakan teori strategi pemasaran Rhenald Kasali yaitu: segmenting, targeting, dan positioning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Unique selling point serta strategi komunikasi pemasaran pulau pramuka. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan pulau pramuka memiliki keunikan objek wisata edukasi dan olahraga air, serta memiliki segmentasi pengunjung di usia produktif dengan kecenderungan wisata edukasi dan olahraga dengan concentrated targeting yang berfokus pada segmen yang sesuai. Strategi komunikasi berada di bawah kewenangan sudin parekraf dan pengelola taman nasional kepulauan seribu. Kata kunci: segmentasi, targeting, pulau pramuka v ABSTRACT Enggartiasto Pameswara. NIM 6662150112. Thesis. SEGMENTING AND TARGETING PRAMUKA ISLAND AS A TOURISM DESTINATION DURING THE PRAMUKA ISLAND NATIONAL PARK PANDEMIC. Advisor I : Dr. Nurprapti Wahyu Widyastuti, M.Si and Advisor II : Uliviana Restu H, S.Sos., M.I.Kom Pulau Pramuka is one of the island in the Kepulauan Seribu which has high tourism potential. However, during this pandemic, there was a significant decrease in the number of tourists. This study discusses the marketing communication strategy of Pulau Pramuka’s favourite tourist destination during the COVID-19 pandemic. Using Rhenald Kasali’s Theory of marketing strategies, namely: segmenting, targeting, and positioning. This study aims to determine the unique selling point and marketing communication strategy of Pulau Pramuka. The data collection method used is interviews and observation with descriptive analysis techniques. The results show Pulau Ptamuka has unique educational and water sports attractions and has a segmentation of visitors in the productive age with a tendency for educational and sports tourism with concentrated targeting that focuses on the suitable segment. The communication strategy, however, is under the authority of Sudin Parekraf and Taman Nasional Kepulauan Seribu management. Keywords: segmenting, targeting, pulau pramuka

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 19 Jul 2024 15:47
Last Modified: 19 Jul 2024 15:47
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/15244

Actions (login required)

View Item View Item