Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH VARIASI PENGUAT PADA PEMBUATAN KOMPOSIT SANDWICH BERBASIS ALUMUNIUM 5052 DENGAN METODE ACCUMULATIVE ROLL BONDING

Al Aqib, Ahmad (2020) PENGARUH VARIASI PENGUAT PADA PEMBUATAN KOMPOSIT SANDWICH BERBASIS ALUMUNIUM 5052 DENGAN METODE ACCUMULATIVE ROLL BONDING. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
DAFTAR PUSAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Aluminium menjadi salah satu pilihan logam yang menarik bagi dunia industAlutista (Alat Utama Sistem Senjata) karena sifatnya yang ringan, mempunyaketahanan korosi serta konduktivitas panas dan listrik yang baik. AlumuniumMatrix Composites (AMCs) adalah jenis komposit dengan alumunium sebagamatriksnya dan keramik sebagai penguatnya biasanya digunakan Silicon Carbide(SiC) dan Alumuunium Oxide (Al2O3). Alumunium Alloy AA5052 diklasifikasiasebagai aluminium non heat treatable sehingga dapat dilakukan proses SeverPlastic Deformation (SPD). Salah Satu metode SPD adalah Accumulative RolBonding (ARB) dimana dua lembaran pelat di rolling sehingga menghasilkabutiran halus (Ultra Fine Grain) yang dapat meningkatkan kekuatannya. ARmerupakan proses SPD yang paling banyak dilakukan karena dapat meningkatkakekuatan yang signifikan dengan proses yang sederhana serta produktivitasnyyang tinggi sehingga dapat dikomersilkan. Komposit alumunium ini tersusun dapelat AA 5052 sebagai matriksnya dan serbuk Al2O3, SiC serta Hibri(Al2O3+SiC) sebagai penguatnya. Komposit dibuat berdasarkan metode ARB dengan lapisan atau sandwich sebanyak 2, 4 dan 6 lapis. Karakterisasi yang dilakukan berupa pengujian tarik, kekerasan, dan metalografi. Selanjutnypengujian balistik proyektil 5.56 mm terhadap komposit dengan penguat Hibri(two-layer). Hasil pengujian tarik, kekerasan dan metalografi menunjukan bahwkomposit dengan penguat Al2O3 (two-layer) memiliki nilai kuat tarik dakekerasan tertinggi sebesar 140 Mpa dan 45.83 VHN, hal ini disebabkan adanyfenomena missing line. Pengujian balistik dengan proyektil 5.56 mmmenghasilkan full penetration menunjukan komposit tidak tahan beban impak daproyektil. Foto makro memperlihatkan bentuk kerusakan berupa petalling dabulging pada daerah perforasi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPramonno, Agus197608182008121012
Thesis advisorTrenggono, Adhitya197804102003121001
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : AA 5052, ARB, UFG, Al2O3, SiC, Hibrid, Kekuatan, Kekerasan, Balistik.
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 27201-Jurusan Teknik Metalurgi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Aug 2022 09:10
Last Modified: 04 Aug 2022 09:10
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/15215

Actions (login required)

View Item View Item