Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS DAN IKLAN TERHADAP MINAT MAHASISWA MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)

MAULIDA, FARHANAH (2022) PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS DAN IKLAN TERHADAP MINAT MAHASISWA MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, religiusitas dan iklan terhadap minat mahasiswa menabung di Bank Syariah pada mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling, teknik ini digunakan karena tidak semua mahasiswa dapat dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan alat ukur yang digunakan adalah skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliablitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uju heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis (uji t dan uji f), dan uji koefisien determinasi R2 . Dengan menggunakan software IBM SPSS Statistics 25. Diperoleh hasil pengukuran regresi dengan persamaan Y = 0,119 + 0,276X1 + 0,339X2 + 0,107X3 + e dan data adjusted R square sebesar 0,476 hal ini berarti 47,6% variabel pengetahuan, religiusitas dan iklan memiliki pengaruh terhadap variabel minat mahasiswa menabung di Bank Syariah, sedangkan 52,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menyatakan bahwa, variabel pengetahuan memiliki nilai thitung > ttabel yaitu 2,360 > 1,999 dan tingkat signifikasi 0,021 < 0,05 artinya pengetahuan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menabung, variabel religiusitas memiliki nilai thitung > ttabel yaitu 2,366 > 1,999 dan tingkat signifikasi 0,021 < 0,05 artinya religiusitas memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menabung, dan variabel iklan memiliki nilai thitung > ttabel yaitu 2,996 > 1,999 dan tingkat signifikasi 0,004 < 0,05 artinya iklan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menabung. Hasil penelitian secara simultan (uji F) memiliki nilai Fhitung > Ftabel (20,662 > 2,75) dan tingkat signifikasi yang diperoleh (0,000 < 0,05) artinya pengetahuan, religiusitas dan iklan secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa menabung di Bank Syariah.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSYIHABUDIN, SYIHABUDIN196701102002121001
Thesis advisorAINUN NAJIB, M201601262100
Additional Information: This study aims to determine the effect of knowledge, religiosity and ad to the interests of students saving at Bank Syariah student of Islamic Economics University Sultan Ageng Tirtayasa. The sampling technique used in this research is purposive sampling, this technique is used because not all students can be sampled. The sample in this study amounted to 66 respondents. The data collection method used a questionnaire and the measuring instrument used was thescale Likert. Analysis tools used are validity and reliablitas, normality test, multicollinearity, heteroscedasticity Uju, multiple linear regression analysis, hypothesis testing (t test and f), and test the coefficient of determination R2.By using software IBM SPSS Statistics 25. The results of regression measurements are obtained with the equation Y = 0.119 + 0.276X1 + 0.339X2 + 0.107X3 + e anddata adjusted R square of 0.476, this means 47.6% of the variables of knowledge, religiosity and advertisement has an influence on the student interest in saving in Islamic Bank, while the remaining 52.4% is influenced by other variables which are not discussed in this study. The results of the study partially (t test) state that the knowledge variable has a value of tcount > ttable, namely 2.360> 1.999 and a significance level of 0.021 <0.05 means that knowledge has a significant effect on interest in saving, the religiosity variable has a value of tcount > ttable is 2.366> 1.999 and a significance level of 0.021 <0.05 means that religiosity has a significant effect on interest in saving, and the advertising variable has a value of tcount > ttable is 2.996> 1.999 and a significance level of 0.004 <0.05 means that advertising has a significant effect on interest in saving. The research results simultaneously (F test) have a F valuecalculated > Ftable (20.662> 2.75) and the level of significance obtained (0.000 <0.05) means that knowledge, religiosity and advertising simultaneously have a significant effect on students' interest in saving in Islamic Bank. Keywords: Advertising, Interests, Knowledge, Religiosity.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Iklan, Minat, Pengetahuan, Religiusitas.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis
05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Sarjana Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Aug 2022 11:54
Last Modified: 03 Aug 2022 11:54
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/15176

Actions (login required)

View Item View Item