Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK INSTRUKTUR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KURSUS BAHASA INGGRIS DI LKP SIGMA KOTA SERANG

Irawan, Roni (2021) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK INSTRUKTUR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KURSUS BAHASA INGGRIS DI LKP SIGMA KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (960kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (975kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text
DAFTAR PUSAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara pendidik dan peserta didik. Interaksi yang bernilai edukatif ini dikarenakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan berupaya untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan sebelum proses pembelajaran dilakukan. Adapun peningkatan motivasi dan hasil yang dicapai peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Pendidik merupakan salah satu faktor eksternal pembelajaran yang sangat mempengaruhi keberhasilan dari kegiatan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk Mengetahui Signifikansi Pengaruh Kompetensi Pedagogik Instruktur terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kursus Bahasa Inggris di LKP Sigma Kota Serang. 2) Untuk Mengetahui Signifikansi Pengaruh Kompetensi Pedagogik Instruktur terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kursus Bahasa Inggris di LKP Sigma Kota Serang. 3) Untuk Mengetahui Signifikansi Pengaruh Kompetensi Pedagogik Instruktur terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kursus Bahasa Inggris di LKP Sigma Kota Serang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah analisis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di LKP Sigma Kota Serang. Dengan jumlah 55 peserta didik dan sampel penelitian yang berjumlah 22 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan ialah statsitik deskriptif dan analisis inferensial dengan pengujian korelasi dan regresi sederhana. Berdasarkan teknik analisis data deskriptif, menunjukan bahwa ketiga variabel penelitian berada pada kategori sedang. Sedangkan hasil analisis inferensial dengan terlebih dahulu mengujikan korelasi menunjukan bahwa nilai koefesien korelasi variabel X sebesar 0,51, variabel Y1 sebesar 0,31, dan variabel Y2 sebesar 1,00. Yang menunjukan bahwa setiap variabel menunjukan hubungan yang sedang. Kemudian berdasarkan uji regresi di dapat nilai koefesien regresi variabel X terhadap variabel Y1 sebesar 0,72, sedangkan untuk nilai koefesien regresi untuk variabel X terhadap variabel Y2 sebesar 0,01. Yang artinya terdapat pengaruh dari variabel X terhadap variabel Y1 dan Y1. Untuk signifikansi pengaruh variabel X terhadap Y1 di dapat nilai koefesien signifikansi sebesar 0,006 (0,6%). Sedangkan untuk taraf signifikansi dari variabel X terhadap variabel Y2 adalah sebasar 0,268 (26,8%).

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHidayatulloh, Hidayatulloh195907281985111003
Thesis advisorSiregar, Herlina0422058801
Additional Information: Learning is an activity that has educational value. Educational value colors the interactions that occur between educators and students. This educational interaction is due to the learning activities undertaken to achieve the goals that have been formulated before the learning process is carried out. The increase in motivation and the results achieved by students is influenced by several factors, namely internal factors and external factors. Educators are one of the external learning factors that greatly affect the success of the learning process activities. The objectives of this study are: 1) To determine the significance of the influence of instructor pedagogic competence on the learning motivation of students in English courses at LKP Sigma, Serang City. 2) To determine the significance of the influence of instructor pedagogical competence on the learning outcomes of students in English courses at LKP Sigma, Serang City. 3) To Know The Significance Of The Influence Of Instructor Pedagogic Competence On The Motivation And Learning Outcomes Of English Course Students At LKP Sigma Serang City. This type of research is quantitative research with the research approach used is correlation analysis. The population in this study were all students at LKP Sigma Serang City. With a total of 55 students and a research sample of 22 students. The instrument used in this study was a questionnaire. The data analysis technique used is descriptive statistics and inferential analysis with simple correlation and regression testing. Based on the descriptive data analysis technique, it shows that the three research variables are in the medium category. While the results of inferential analysis by first testing the correlation showed that the correlation coefficient value of variable X was 0.51, variable Y1 was 0.31, and variable Y2 was 1.00. Which shows that each variable shows a moderate relationship. Then based on the regression test, the regression coefficient value for variable X on Y1 was 0.72, while for the regression coefficient value for variable X on variable Y2, it was 0.01. Which means that there is an effect of variable X on variables Y1 and Y1. For the significance of the influence of the variable X on Y1, the coefficient value of significance is 0.006 (0.6%). Meanwhile, the significance level of variable X on variable Y2 is 0.268 (26.8%).
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kompetensi pedagogik, motivasi belajar, dan hasil belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Jul 2022 09:15
Last Modified: 29 Jul 2022 09:15
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/14951

Actions (login required)

View Item View Item