Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS ANAK DI RUMAH PERADABAN BANTEN (RPB) KOTA CILEGON

DESSYA SEHA, ULINDA (2022) PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS ANAK DI RUMAH PERADABAN BANTEN (RPB) KOTA CILEGON. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penlitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) peran tutor dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris anak di lembaga Rumah Peradaban Banten (RPB) kota Cilegon,(2) motivasi belajar bahasa Inggris anak di lembaga Rumah Peradaban Banten (RPB) kota Cilegon,(3) faktor pendudukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris anak di Lembaga Rumah peradaban Banten(RPB) kota Cilegon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, artinya penelitian dilakukan untuk membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai faktafakta, sifat- sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif didasarkan pada data yang diperoleh melalui : (1) interview(wawancara), (2) Wawancara daring (3) Studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tutor telah menjalankan perannya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi seorang tutor atau guru sebagai informator, organisator, motivator, pengarah atau pembimbing, inisiator, fasilitator, mediator, dan evaluator. (2) Motivasi yang timbul dalam diri indiri anak menunjukkan kesesuaian dengan karakteristik motivasi belajar anak yaitu adanya hasrat dan keinginan untuk berhasil,adanya dorongan dan kebutuhan belajar, Harapan akan cita-cita masa depan, Kegiatan belajar yang menarik, dan lingkungan belajar yang kondusif. Setelah motivasi belajar anak dikembangkan dan dikuatkan, dapat menghasilkan kualitas hasil belajar yang baik. anak secara aktif mengikuti proses pembelajaran namun dengan kemampuan berpikir yang berbeda-beda, hasil belajar yang dimiliki pun bergantung kemampuan belajar anak itu sendiri. (3) Tidak adanya kesempurnaan dalam segala sesuatu, berkaitan pula dengan kegiatan belajar bahasa Inggris nak di RPB yang memiliki faktor pendukung dan faktor penghambat yang diantaranya adalah aspek fisiologis, aspek psikologis, faktor lingkungan sosial, sumber belajar, sarana dan psarana, dan waktu

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSUDADIO, SUDADIO196204111982011001
Thesis advisorSIREGAR, HERLINA0422058801
Additional Information: This study was conducted to determine (1) the characteristics of students primagama Serang homeschooling, (2) learning culture of Student primangama Serang homeschooling during the learning process in the classroom, (3) how is the learning strategy of student primangama Serang homeschooling during the learning process outside the classroom in order to shape a learning culture. This research uses a case study method with a qualitative research approach. The case study method is used to view the problem as a case that must be revealed in detail. The object of this research is cultural learning for homeschoolers. The data in this study were obtained through the methods of (1) in-depth interviews, (2) online interviews, (3) questionnaires, and (4) documentation studies. The results of the study explained that the characteristics students of primagama Serang homeschooling have learning experience in formal school. There are various reasons why they decided to homeschool, one of them is because they were victims of bullying in formal schools. In the other side, the learning culture of homeschooling students is showed quite well through habits when studying, such as being active in class, have freedom to ask questions and express opinions, be honest when doing exams and have a culture of achievement and satisfaction that is quite good. Meanwhile, students' strategies in the context of shaping homeschooling student learning culture with formal schooling are almost the same. Other thing that is different between them is the concept of learning that is instilled by parents of homeschooling students where it implements the concept, that its okay if you learn less, the most important thing is not to stop learning wherever and whenever. The concept of learning thus realizes students that learning is a necessity, not a compulsion. Key words: Homeschooling, Cultural Learning for Homeschoolers, Learning Strategies in Order to Shape a Learning Culture
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Peran Tutor, Motivasi Belajar Bahasa Inggris Anak, Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Jul 2022 14:07
Last Modified: 28 Jul 2022 14:07
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/14920

Actions (login required)

View Item View Item