Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYULAM DENGAN MODEL DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI LEMBAGA TERAPI QURROTA A’YUN KABUPATEN TANGERANG

Rahmayani, Syifa (2022) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYULAM DENGAN MODEL DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI LEMBAGA TERAPI QURROTA A’YUN KABUPATEN TANGERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran keterampilan menyulam dengan model demonstrasi terhadap motorik halus siswa tunagrahita di Terapi Qurrota A’yun Kabupaten Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode pretest and posttest. Desain penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest. Subjek penelitian merupakan dua orang siswa tunagrahita di Terapi Qurrota A’yun Kabupaten Tangerang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen yang terdiri dari pengenalan alat dan bahan serta proses kegiatan menyulam. Data yang diperoleh dianalisis dan ditampilkan dalam bentuk diagram. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh atau peningkatan positif dari model demonstrasi terhadap motorik halus siswa dalam pembelajaran kegiatan menyulam. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan kemampuan siswa K dan T sebelum diberikan perlakuan atau treatment dengan setelah diberikannya treatment yang dapat dibuktikan dengan skor persentase. Pada siswa K sebelum diberikan treatment berada pada persentase 69%, setelah diberikan treatment berada pada persentase 90,0%. Pada siswa T sebelum diberikannya treatment berada pada persentase 75,7%, sedangkan setelah diberikan treatment berada pada persentase 84,8%. Hal ini menunjukkan bahwa model demonstrasi dapat meningkatkan motorik halus dalam pembelajaran keterampilan menyulam siswa tunagrahita di Terapi Qurrota A’yun Kabupaten Tangerang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorALAMSYAH SIDIK, SISTRIADINI198705142015042002
Thesis advisorTANJUNG UTAMI, YUNI198706282019032008
Additional Information: This research aim to know influence of tatting skill learning by demonstration model influence fine motor mental retardation students in Qurrota A’yun Tangerang Regency. This reaserch is experiment research by pretest and posttest methode. Design of this research using one group pretest-posttest. Research subjecct is both of mental retardation students in Qurrota A’yun Therapy Tangerang Regency. Data collecting in this research using instrument consist of introduction tools and material and tatting proccess the data which obtained, analyzed and showed on diagram form. The results of research show be an influence or positif increasing by demonstration model influence fine motor of students in tatting learning. This case to be able see from be ability increasing of K and T tudents before given treatment to be able evidenced by score percentage. At K student before given treatment been at 69% percentage, after given treatment been at 90% percentage. At T student before given treatment been at 75,7% percentage, after given treatment been at 84,8% percentage. This case showed that demonstration model could be increased fine motor in tatting skill learning of mental retardation students in Qurrota A’yun Tangerang Regency. Keywords : Demonstration Model, Fine Motor, Students of Mental Retardation
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Model Demonstrasi, Motorik Halus, Siswa Tunagrahita
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Khusus
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Jul 2022 13:41
Last Modified: 28 Jul 2022 13:41
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/14915

Actions (login required)

View Item View Item