Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN (Penelitian Tindakan pada Anak Usia 5-6 Tahu

Matulesih, Imas (2020) MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN (Penelitian Tindakan pada Anak Usia 5-6 Tahu. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kecerdasan Linguistik merupakan kepandaian manusia dalam mengkomunikasikan segala sesuatu melalui bahasa. Kecerdasan Linguistik di PAUD IT Pertiwi Kota Cilegon-Banten masih rendah, hal ini disebabkan karena kurangnya stimulasi. Diperlukan kegiatan yang menarik serta menyenangkan bagi anak, salah satunya yaitu dengan menggunakan metode bermain peran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian yang di ungkapkan oleh Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Tindakan yang dirancang dalam siklus berulang, dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada siklus I sebanyak 8 tindakan dan siklus II sebanyak 2 kali tindakan, dengan kriteria keberhasilan kecerdasan linguistik anak usia 5- 6 tahun mencapai 60%. Subjek pada penelitian ini adalah di PAUD IT Pertiwi Kota Cilegon-Banten dengan jumlah anak 11 orang anak usia 5-6 tahun yang terdiri dari 6 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, catatan lapangan, catatan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa kecerdasan linguistik anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain peran dengan hasil penelitian ini di ketahui bahwa pada kondisi awal pra tindakan sebesar 33%, kemudian di siklus I meningkat menjadi 49%%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan mencapai 71% dan mengalami keberhasilan pada indikator yang sudah ditargetkan. Berdasarkan hasil data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan bermain peran dapat meningkatakan kecerdasan linguistik anak usia 5-6 tahun di PAUD IT Pertiwi Kota Cilegon-Banten.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRusdiyani, Isti196402281990012001
Thesis advisorSayekti, Tri197503222008122001
Additional Information: The method used in this research is the research method expressed by Kurt Lewin which consists of four stages, namely planning, acting, observing, reflecting. The action is designed in a repetitive cycle, in this study consists of two cycles. In the first cycle there were 8 actions and the second cycle was 2 times, with the success criteria of the linguistic intelligence of children aged 5-6 years reaching 60%. The subjects in this study were PAUD IT Pertiwi Cilegon-Banten with 11 children aged 5-6 years consisting of 6 girls and 5 boys. The data collection technique was done by means of observation, field notes, interview notes and documentation. Data analysis used data reduction, data presentation, and conclusions. Based on the results of the research, it was found that the linguistic intelligence of children aged 5-6 years through the role-playing method. The results of this study show that in the initial conditions of pre-action it was 33%, then in cycle I it increased to 49%, while in cycle II it had increased significantly reached 71% and experienced success on the indicators that had been targeted. Based on the data obtained, it can be concluded that role playing activities can increase the linguistic intelligence of children aged 5-6 years in PAUD IT Pertiwi Cilegon-Banten.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kecerdasan Linguistik, Bermain Peran, Anak Usia 5-6 Tahun Keywords: Linguistic Intelligence, Role Playing, 5- 6 Years Old Children
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Jul 2022 10:10
Last Modified: 28 Jul 2022 10:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/14884

Actions (login required)

View Item View Item