Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS PEREDARAN PRODUK TERASI UDANG CAP BANGAU TERBANG YANG MENGANDUNG PEWARNA SINTETIKDI KOTA SERANG DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN JUNCTO UNDANG-UNDANG NOMOR 18 TAHUN 2012 TENTANG PANGAN

ZULHAM, RAMDONI (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS PEREDARAN PRODUK TERASI UDANG CAP BANGAU TERBANG YANG MENGANDUNG PEWARNA SINTETIKDI KOTA SERANG DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN JUNCTO UNDANG-UNDANG NOMOR 18 TAHUN 2012 TENTANG PANGAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB)

Abstract

Pembangunan dan perkembangan perekonomian telah menghasilkan berbagai variasi barang dan atau jasa yang dapat dikonsumsi. Kondsisi demikian pada satu pihak memmpunyai manfaat bagi konsumen karena kebutuhan konsumen akan barang dan atau jasa yang di inginkan dapat terpenuhi sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Di sisi lain, kondisi tersebut mengakibatkan konsumen menjadi objek aktivitas bisnis untuk meraup keuntungan dengan cara-cara yang merugikan konsumen. ada pelaku usaha yang berprilaku tidak baik salah satunya kasus dari pabrik Terasi Udang Cap Bangau Terbang di lingkungan kota Serang yang menambahkan zat pewara sintetik pada produk pangan terasi udang. Identifikasi masalah bagaimana perlindungan hukum teradap konsumen dan bagaimana tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual, data yang digunakan adalah data sekunder yang ditunjang dengan data primer. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumen dan wawancara. Data dianalisis dengan metode yuridis kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan perlindungan hukum terhadap konsumen atas peredaran produk terasi udang cap bangau terbang belum optimal sebagaimana yang diatur Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Pasal 4, 7, dan 8. Tanggung jawab pelaku usaha apabila terjadi kerugian terhadap produk makanan yang dikonsumsi oleh konsumen diatur dalam Pasal 19 Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan melanggar Pasal 86 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan. Untuk pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan usahanya harus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Apabila terdapat pelaku usaha yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku harus ditindak dengan tegas oleh Pemerintah dengan memberikan sanksi yang tegas.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorGUNAWATI, ANNE197304202010122001
Thesis advisorAGUS, DEDE197008202005011002
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Pewarna Sintetik, Terasi.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: 01-Fakultas Hukum
01-Fakultas Hukum > 74201-Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Jul 2022 12:04
Last Modified: 27 Jul 2022 12:04
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/14830

Actions (login required)

View Item View Item