Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PE R LI N DUN GA N H U KUM KE PA DA M ITR A PE N GEM U D I TRANSPORTASI ONLINE PT. GOJEK INDONESIA DALAM HAL KEBIJAKAN TARGET POINT YANG DITENTUKAN SEPIHAK DALAM PERJANJIAN BAKU DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Organisasi Transportasi Online )

PRASETYO, EKO (2022) PE R LI N DUN GA N H U KUM KE PA DA M ITR A PE N GEM U D I TRANSPORTASI ONLINE PT. GOJEK INDONESIA DALAM HAL KEBIJAKAN TARGET POINT YANG DITENTUKAN SEPIHAK DALAM PERJANJIAN BAKU DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Organisasi Transportasi Online ). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Aplikasi Go-Car untuk pengemudi memiliki target point yang ditentukan oleh PT. Gojek Indonesia,Point tersebut dapat di tukarkan dengan uang melalui transfer langsung dari PT. Gojek Indonesia ke rekening pengemudi. Namun belakangan ini point di daerah regional Banten yang ditentukan oleh PT. Gojek Indonesia dirasa memberatkan pihak pengemudi karena jumlah yang ditentukan semakin hari semakin banyak dengan jumlah nilai tukar yang semakin memberatkan pihak pengemudi Transportasi Online yang membuat konsumen Transportasi Online berada dalam resiko bahaya. Dari latar belakang tersebut tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui sejauh mana tanggung jawab PT. Gojek Indonesia atas kerugian yang diderita pengemudi transportasi online atas penentuan target point yang ditentukan PT. Gojek Indonesia secara sepihak pada Kontrak Baku tersebut Dan Untuk mengetahui perlindungan hukum yang dapat ditempuh pengemudi transportasi online apabila ditinjau dari dari perjanjian awal antara PT.Gojek Indonesia dan pengemudi taksi online mengacu kepada Pasal 2 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang perlindungan Konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan jenis penelitian hukum yuridis-empiris yaitu dengan cara meneliti data sekunder yang didapat dari studi kepustakaan yang meluputi buku�buku serta peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan perlindungan konsumen mengenai Transportasi Online, dan data primer sebagai penunjang dilakukan dengan cara penelitian di lapangan yang dilakukan dengan melakukan pendekatan, Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan Perundang�undangan (statute approach), Dan pendekatan Konseptual (Conceptual Approach). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1.Perlindungan hukum bagi pengemudi transportasi online belum dapat dilaksanakan dikarenakan pengemudi transportasi online berstatuskan mitra PT.Gojek Indonesia berdasarkar perjanjian baku yang dibuat sepihak oleh PT.Gojek Indonsia yang isinya berubah-ubah dan merugikan pihak pengemudi transportasi online 2.PT.Gojek Indonesia tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang di derita pengemudi transportasi online dikarenakan PT.Gojek berpendapat bahwa pesanan konsumen bukan merupakan perintah kerja tetapi merupakan kesukarelaan dari pengemudi transportasi online, hall ini memberatkan dan merugikan pihak pengemudi dan konsumen apabila terjadi kecelakaan di jalan raya.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFAUZIAH, FARIDATUL195907281985032002
Thesis advisorAGUS, DEDE197008202005011002
Additional Information: Go-Car application for drivers has a target point determined by PT. Gojek Indonesia, these points can be exchanged for money through direct transfers from PT. Gojek Indonesia to the driver's account. But lately the point in the regional area of Banten is determined by PT. Gojek Indonesia is considered burdensome to the driver because the amount determined is increasingly day by day with the number of exchange rates which is increasingly burdensome to the Online Transportation driver that puts consumers of Online Transportation at risk. The purpose of this study is to determine the extent of the responsibilities of PT. Gojek Indonesia for losses suffered by online transportation drivers for determining the target point determined by PT. Gojek Indonesia unilaterally on the Standard Contract And To find out the legal protection that can be taken by online transportation drivers when viewed from the initial agreement between PT. Gojek Indonesia and online taxi drivers refer to Article 2 of Law Number 8 of 1999 concerning Consumer protection. This research was conducted by conducting a type of juridical-empirical legal research that is by examining secondary data obtained from literature studies covering books and legislation relating to consumer protection regarding online transportation, and primary data as a support is done by research in the field carried out by an approach, this research approach uses a statutory approach, and a conceptual approach. The results of this study indicate that: 1. Legal protection for online transportation drivers cannot be implemented because online transportation drivers are determined by PT. Gojek Indonesia partners based on standard agreements made unilaterally by PT. Gojek Indonesia whose contents change and harm the online transportation drivers. 2.PT.Gojek Indonesia is not responsible for any losses suffered by online transportation drivers because PT.Gojek believes that customer orders are not work orders but are volunteers from online transportation drivers, this hall is burdensome and detrimental to the driver and consumers in the event of an accident on the highway. Keywords : Legal Protection, Target Points, Standard Agreement, Partners, Online Transportation Drivers
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Target Point, Perjanjian Baku, Mitra, Pengemudi Transportasi Online
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: 01-Fakultas Hukum
01-Fakultas Hukum > 74201-Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Jul 2022 11:55
Last Modified: 27 Jul 2022 11:55
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/14827

Actions (login required)

View Item View Item