NURMANSYAH, WILMAN (2022) PENGARUH KEPERCAYAAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MENABUNG CALON NASABAH DI BANK SYARIAH (Study kasus pada SMA Negeri 1 Gunung Sindur Bogor). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (835kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (735kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepercayaan dan religiusitas terhadap minat menabung calon nasabar di bank syariah di SMAN 1 Gunung Sindur Bogor. Penelitian ini menggunkan Non Probability Sampling dengan metode sampling jenuh. Sampel dalam penelituan ini berjumlah 58 responden. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala likert. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket yang selanjutnya dianalisis dengan analisis regresi linier berganda dengan uji parsial (Uji t) dan uji simultan (Uji F) dengan batuan softwere IBM SPSS Statistik 23. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kepercayaan dan religiusitas. Sedangkan variabel terikatan minat menabung. Dalam hasil perhitungan IBM SPSS Statistik 23 hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil uji linier berganda diperoleh persamaan regresi sebagai berikut Y = 7,516 + 0,363 X1 + 0,135 X2 + e hasil tersebut menyatakan bahwa variable kepercayaan (X1) mempunyai pengaruh sebesar 0,363 terhadap minat menabung (Y) sedangkan variabel religiusitas (X2) mempunyai pengaruh sebesar 0,135 terhadap keputusan pembelian. Dari hasil uji t nilai thitung variabel kepercayaan sebesar 3,817 dan variabel religiusitas sebesar 1,203 dengan nilai ttabel (N=58) sebesar 2,004, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa secara parsial variabel kepercayaan (X1) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel minat menabung (Y) dan religiusitas (X2) tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel minat menabung (Y). hasil uji F nilai Fhitung sebesar 15,445 hasil ini lebih besar dari Ftabel sebesar 3,16 sehingga dapat ditari kesimpulan bahwa secara simultan variabel kepercayaan (X1) dan religiusitas (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel minat menabung (Y). Kemudian koefisien determinasi (R Square) menunjukan bahwa kepercayaan dan religiusitas mempunyai pengaruh terhadap minat menabung sebesar 33,6 %, sedangkan sisanya 66,4 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui dan tidak termasuk dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This study aims to determine how much influence trust and religiosity have on the interest in saving candidates for nasabar in Islamic banks at SMAN 1 Gunung Sindur Bogor. This study uses Non Probability Sampling with a saturated sampling method. The sample in this research was 58 respondents. Data collection techniques using a questionnaire with a Likert scale measurement. The data collection method used a questionnaire method which was further analyzed by multiple linear regression analysis with partial test (t test) and simultaneous test (F test) with IBM SPSS Statistics 23 softwere rock. The independent variables in this study were trust and religiosity. Meanwhile, the dependent variable is interest in saving. In the results of the calculation of IBM SPSS Statistics 23 the results of this study indicate that the results of the multiple linear test obtained the following regression equation Y = 7.516 + 0.363 X1 + 0.135 X2 + e these results state that the trust variable (X1) has an effect of 0.363 on interest in saving (Y ) while the religiosity variable (X2) has an influence of 0.135 on purchasing decisions. From the results of the t test, the t value of the confidence variable is 3.817 and the religiosity variable is 1.203 with a t table value (N = 58) of 2.004, so it can be concluded that partially the trust variable (X1) has a significant effect on the variable interest in saving (Y) and religiosity (X2) does not have a significant effect on the interest in saving variable (Y). The results of the F test, the F value of 15.445, is greater than the Ftable of 3.16, so it can be concluded that simultaneously the trust (X1) and religiosity (X2) variables have a significant influence on the interest in saving variable (Y). Then the coefficient of determination (R Square) shows that trust and religiusity have an influence on purchasing decisions by 33.6%, while the remaining 66.4% is influenced by other unknown variables and is not included in this study. Keywords : Trust, Religiusity , Interest Of Saving | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Kepercayaan, Religiusitas , Minat Menabung | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory | |||||||||
Divisions: | 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Sarjana Ekonomi Syariah |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2022 14:40 | |||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2022 14:40 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/14797 |
Actions (login required)
View Item |