Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ETNOGRAFI KOMUNIKASI KOMUNITAS BAHASA JAWA SERANG DI KOTA SERANG

Abdul Malik, Cherry (2020) ETNOGRAFI KOMUNIKASI KOMUNITAS BAHASA JAWA SERANG DI KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Komunitas Bahasa Jawa Serang merupakan komunitas masyarakat yang berfokus kepada menjaga warisan budaya seperti bahasa dan tradisi masyarakat. Komunitas Bahasa Jawa Serang memiliki berbagai kegiatan yang yang berfungsi untuk menarik masyarakat luas dapat mengenal bahasa jawa serang. Di dalam kegiatankegiatan tersebut mencerminkan sebuah aktivitas komunikasi yang kompleks, dan di dalamnya terdapat peristiwa-peristiwa komunikasi yang khas yang melibatkan tindak-tindak komunikasi tertentu dan dalam konteks komunikasi yang tertentu juga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan aspek etnografi komunikasi, yang berfokus pada aktivitas berkomunikasi di dalam Komunitas Bahasa Jawa Serang. Dell Hymes membagi aktivitas komunikasi mencakup situasi komunikatif, peristiwa komunikatif dan tindakan komunkatif. Situasi komunikatif menjelaskan tentang latar belakang terjadinya komunikasi, lalu peristiwa komunikatif merupakan keseluruhan komponen peristiwa komunikasi yang meliputi setting, participants, ends, act sequence, keys, instrumentalities, norm, dan genre. Tindakan komunikatif adalah fungsi interaksi tunggal, seperti perintah, pernyataan, permohonan ataupun perilaku non verbal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunitas Bahasa Jawa Serang memiliki beragam aktivitas yang khas dan mempunyai maksud khusus dalam setiap kegiatannya, berbagai kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan adalah medium, guna pelestarian berkomunikasi memakai Bahasa Jawa Serang. Bahasa Jawa Serang bukan hanya sekedar bahasa, akan tetapi sudah menjadi bagian dari identitas masyarakat di wilayah Serang yang mana itu juga menjadi medium komunikasi yang sifatnya non verbal. Beragam situasi, peristiwa, maupun tindakan yang mengarah kepada aktivitas komunikatif yang dilakukan oleh Komunitas Bahasa Jawa Serang adalah cara untuk melestarikan Kebudayaan dan Bahasa Jawa Serang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorYusanto, Yoki197905032006041016
Thesis advisorJaiz, Muhammad197106292003121001
Additional Information: The Serang Javanese Community is a community that focuses on preserving cultural heritage such as language and community traditions. The Serang Javanese community has various activities that serve to attract large communities to know the Serang Javanese. Within the activities reflected a complex communication activity, and there were typical communication events that involved specific Acts of communication and within specific context of communication as well. The study uses qualitative methods to approach the ethnographic aspect of communication, which focuses on communicating activities within the Serang Javanese Community. Dell Hymes divides communication activities involves the communicative situation, the communicative event and the cumulative action. The communicative situation describes the background of communication, and then the communicative event constitutes a whole component of communication events that include settings, participants, ends, act sequences, keys, instrumentalities, norm, and genres. Communication actions are a single interaction function, such as commands, statements, requests or nonverbal behaviors. Research shows that the Serang Javanese Community has.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Komunitas Bahasa Jawa Serang, Bahasa Jawa Serang, Etnografi Komunikasi, Situasi Komunikatif, Peristiwa Komunikatif, Tindakan Komunikatif.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 26 Jul 2022 09:29
Last Modified: 26 Jul 2022 09:30
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/14770

Actions (login required)

View Item View Item