Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

“MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL PADA ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN” (Penelitian Tindakan pada Anak Usia 4-5 tahun di TK. Islam Widya Cendekia, Taman Widya Asri, Serang-Banten)

Puspita Nuryunia, Mia (2022) “MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL PADA ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN” (Penelitian Tindakan pada Anak Usia 4-5 tahun di TK. Islam Widya Cendekia, Taman Widya Asri, Serang-Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perilaku prososial adalah perilaku yang mempunyai tingkat pengorbanan tertentu yang tujuannya memberikan keuntungan bagi orang lain baik secara fisik maupun psikologis, menciptakan perdamaian dan meningkatkan toleransi hidup terhadap sesame, namun tidak keuntungan yang jelas bagi individu yang melakukan tindakan, dan pengertian perilalku prososial dalam kehidupan bermasyarakat, manusia dituntut untuk berinteraksi dengan sesame, karena manusia adalah makhluk sosial, bermasyarakat atau bersosial. Adapun kegiatan bermain peran adalah permainan memerankan tokoh-tokoh, binatang atau benda-benda disekitar anak. Dan untuk meningkatkan perilaku prososial pada anak adalah melalui kegiatan bermain peran, karena kegiatan ini sangat menyenangkan dan membebaskan anak berinteraksi satu sama lain. Perilaku prososial pada anak usia 4-5 tahun di TK Islam Widya Cendekia Serang-Banten masih rendah, hal ini disebabkan masih ada anak yang kesulitan bersosialisasi, tidak aktif dan tidak mau berbaur dengan teman sekelasnya, metode pembelajaran yang digunakan puntidak menarik sehingga membuat anak cepat bosan dan jenuh sehingga pembelajaran kurang optimal. Maka diperlukannya kegiatan pembelajaran yang menarik seperti bermain peran menggunakan berbagai media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus, siklus I terdiri dari 8 tindakan dan siklus II terdiri dari 2 tindakan. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di TK Islam Widya Cendekia, Serang-Banten dengan jumlah 16 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Berdasarkan data yang didapat pada pra tindakan, perilalku prososial anak usia 4- 5 tahun berada pada skala rendah dengan presentase 27%. Berdasarkan analisis data penelitian dan pembahasan, maka diperoleh hasil bahwa melalui kegiatan bermain peran, perilaku prososial anak usia 4-5 tahun pada siklus I adalah sebesar 53%, sedangkan pada siklus ke II menjadi 77%, artinya telah melebihi skor keberhasilan yang telah ditentukan yaitu sebesar 70%. Kemampuan yang ditunjukan anak pun berubah setelah diberikan tindakan. Anak lebih senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta aktif dalam setiap kegiatan. Untuk itu dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorROSIDAH, LAILY198005232006042041
Thesis advisorTRICAHYANI, TRICAHYANI197806062008082001
Additional Information: Prosocial behavior is behavior that has a certain level of sacrifice whose purpose is to provide benefits to others both physically and psychologically, to create peace and increase life tolerance towards others, but not a clear advantage for individuals who take action, and understanding prosocial behavior in social life. humans are required to interact with each other, because humans are social, social or social creatures. The role playing activity is a game playing characters, animals or objects around the child. And to improve prosocial behavior in children is through role playing activities, because this activity is very fun and frees children to interact with one another. Prosocial behavior in children aged 4-5 years at the Widya Cendekia Islamic Kindergarten Serang-Banten is still low, this is because there are still children who have difficulty socializing, are inactive and do not want to mingle with their classmates, the learning methods used are not attractive so they make children fast. bored and bored so that learning is less than optimal. So the need for interesting learning activities such as role playing using various media. The method used in this study is a classroom action research method which includes two cycles, cycle I consisting of 8 actions and cycle II consisting of 2 actions. Each cycle consists of four stages, namely: (1) planning, (2) action, (3) observation, and (4) reflection. Subjects in this study were children aged 4-5 years at the Widya Cendekia Islamic Kindergarten, Serang-Banten with a total of 16 children consisting of 8 boys and 8 girls. Based on the data obtained in the pre-action, the prosocial behavior of children aged 4-5 years is on a low scale with a percentage of 27%. Based on the analysis of research data and discussion, it was found that through role playing activities, the prosocial behavior of children aged 4-5 years in the first cycle was 53%, while in the second cycle it was 77%, meaning that it had exceeded the predetermined success score, namely by 70%. The ability shown by the child changes after being given action. Children are more happy and enthusiastic in participating in learning activities and are active in every activity. Therefore, it can be concluded that the research was successful. Keywords: prosocial behavior, role playing, children.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Perilaku prososial, Bermain peran, Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Jul 2022 15:12
Last Modified: 20 Jul 2022 15:12
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/14612

Actions (login required)

View Item View Item